Aktual

Penurunan Emisi Capai 18 Persen

Oleh:
ANT
Bacaan 2 Menit
Penurunan Emisi Capai 18 Persen
Hukumonline

Menteri Lingkungan Hidup Balthasar Kambuaya mengatakan capaian penurunan emisi gas rumah kaca mencapai 18 persen dari target 26 persen pada 2020. "Kita sudah hitung penurunannya dari tahun lalu sampai sekarang capaiannya sudah 18 persen," kata Balthasar Kambuaya usai membuka "3rd Indonesia Climate Change Education Forum and Expo" yang digelar Dewan Nasional Perubahan Iklim (DNPI) di Jakarta, Kamis (18/4).

Menteri menjelaskan, capaian tersebut dari hasil berbagai upaya yang dilakukan. Seperti program proklim, penanganan sampah dan limbah yang betul-betul dikelola dari transportasi dan industri. "Sudah cukup banyak upaya yang kita lakukan dan pemerintah tetap gencar berupaya mengurangi emisi," kata Balthasar menambahkan.

Pemerintah berkomitmen untuk menurunkan emisi gas rumah kaca hingga 26 persen dari tingkat bussiness as usual pada 2020. Lebih dari 80 persen potensi penurunan emisi dari sektor kehutanan dan lahan gambut.

Upaya nasional yang dilakukan pemerintah antara lain melakukan gerakan menanam pohon dengan mencanangkan penanaman satu miliar pohon. Selain menekan tingkat deforestasi, pemerintah juga menekan tingkat perusakan lahan. Diharapkan jika gerakan penanaman pohon digalakkan secara kolektif puluhan juta ton setara CO2 mampu diserap.

Berita Terkait