Dua Hal Membuat Kurator Besar
Aktual

Dua Hal Membuat Kurator Besar

Oleh:
HRS
Bacaan 2 Menit
Dua Hal Membuat Kurator Besar
Hukumonline

Ketua Umum Himpunan Kurator dan Pengurus Indonesia Soedeson Tandra mengemukakan dua hal penting menjadi kurator yang besar. Dua hal penting itu bukan hanya berlaku bagi kurator, tetapi juga profesi hukum lainnya.

Pria yang disapa Tandra ini meminta agar para kurator memperhatikan dua hal ini. Soalnya, Tandra merasa prihatin dengan beberapa kondisi yang pernah dialaminya, yaitu salah satu kurator yang kala itu menjadi pengacara memaki teman sejawatnya di pengadilan.

Adapun dua hal penting itu adalah etos dan logos. Dengan etos, kurator harus memperhatikan cara bicara, menghargai teman sejawatnya baik di dalam maupun di luar pengadilan. Selain etos, kurator juga harus memperhatikan logos, yaitu logika. Tandra meminta agar kurator harus membangun logika hukum yang benar.

"Dengan etos dan logos, kita bisa menjadi kurator yang besar. Besar bukan berarti kaya. Tujuannya adalah untuk menunjukkan sebagai golongan yang terpelajar," ujar Tandra dalam sebuah seminar hukum kepailitan di Jakarta, Kamis (02/5).a

Tags: