TI Dukung Keterbukaan Informasi
Aktual

TI Dukung Keterbukaan Informasi

Oleh:
ANT
Bacaan 2 Menit
TI Dukung Keterbukaan Informasi
Hukumonline

Direktur Utama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Budi Gunadi Sadikin mengharapkan sistem teknologi informasi (TI) mampu menyediakan era keterbukaan informasi yang lebih transparan. "Dengan adanya TI, bisa membuat informasi lebih transparan," kata Budi saat menyampaikan pidato pada Business Executive Gathering 2013 di Jakarta, Senin (1/7).

Budi menyatakan, jika Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mampu menggunakan TI untuk transparansi informasi, hal tersebut merupakan langkah atau loncatan yang sangat besar. "Jika kita gunakan TI untuk melakukan transparansi, itu merupakan langkah atau loncatan besar untuk seluruh BUMN," ujar Budi.

Menurut Budi, tantangan untuk menerapkan TI guna menghadirkan transparansi berupa semangat untuk menerapkan transformasi di perusaahaan atau BUMN yang akan menerapkan sistem IT untuk keterbukaan tersebut. "Yang paling dasar adalah menggunakan TI untuk transparansi. Setelah itu, baru untuk meningkatkan prduktivitas, efisiensi, dan peningkatan yang lainnya," ujar Budi.

Beberapa sistem TI yang mendukung keterbukaan dan transparansi juga sudah mulai diterapkan oleh kementerian-kementerian. Salah satunya adalah Kementerian Perdagangan yang menerapkan proses perizinan secara online dan diharapkan mampu untuk memberikan proses yang lebih transparan dalam melakukan perizinan impor, khususnya untuk produk hortikultura.

Tags:

Berita Terkait