Sabtu, 27 Juli 2013

Perempuan dan Anak Indonesia Perlu Melek Finansial

Perencanaan keuangan yang baik ikut meningkatkan taraf hidup.
FAT


Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) telah menandatangani nota kesepahaman. Kedua lembaga bersepakat memaksimalkan pemahaman perempuan dan anak mengenai lembaga jasa keuangan. Semakin paham tentang keuangan, semakin bermanfaat bagi perempuan dan anak.


Menteri PPPA Linda Amalia Sari mengatakan, jumlah perempuan di Indonesia mencapai 59,7 persen dari total jumlah penduduk. Atas dasar itu, perempuan memiliki peran besar dalam dalam sektor jasa keuangan. “Saya memberikan apresiasi kepada Dewan Komisioner OJK beserta jajarannya yang sudah mendukung dilakukannya nota kesepahaman ini,” katanya di Kantor OJK di Jakarta, Jumat (26/7).


Namun, lanjut Linda, dari laporan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang dikeluarkan UNDP tahun 2011 terungkap keterwakilan perempuan dalam pengambilan keputusan baik di eksekutif, legislatif dan yudikatif masih rendah. Ia berharap, dengan adanya kerjasama ini keterwakilan Indonesia menjadi lebih baik lagi. “Pemberdayaan perempuan di bidang ekonomi, pendidikan dan kesehatan masih ada kesenjangan,” tutur Linda.


Hal senada juga terjadi pada anak di Indonesia. Padahal, kata Linda, jumlah anak di Indonesia pada tahun 2012 sebanyak 37 persen dari total jumlah penduduk. Angka ini menunjukkan bahwa jumlah anak memiliki peran besar dalam hal mendukung literasi keuangan di Indonesia.


Terlebih lagi, lanjut Linda, telah banyak anak Indonesia yang sudah bersentuhan dengan sektor keuangan. Seperti menjadi nasabah di perbankan, asuransi dan perusahaan pembiayaan lainnya. Atas fakta tersebut, diperlukan sebuah pemahaman literasi keuangan bagi anak di Indonesia.


Menurutnya, dengan adanya peningkatan literasi keuangan melalui edukasi dapat mendorong anak dan perempuan Indonesia mampu melakukan perencanaan keuangannya. Bukan hanya itu, sikap hati-hati juga diharapkan terdapat oleh anak dan perempuan Indonesia dalam berinvestasi di lembaga jasa keuangan.


“Sehingga terciptanya kemampuan peningkatan taraf hidupnya. Kami berharap OJK mau memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada perempuan dan anak Indonesia,” kata Linda.

Halaman Selanjutnya
Halaman

Seluruh isi komentar adalah tanggung jawab masing-masing pengguna. Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Redaksi Hukumonline berhak untuk menayangkan atau tidak menayangkan komentar, dengan mempertimbangkan kepatutan serta norma-norma yang berlaku.

[ X ]

Notifikasi Adblocker

Kami memasang iklan pada konten yang Anda ingin jelajahi.
Iklan membantu kami untuk dapat memberikan konten hukum secara gratis.

Bantu kami untuk tetap menjadikan hukum untuk semua dengan cara menonaktifkan Adblock pada browser Anda. Pahami lebih lanjut mengenai ketentuannya disini.

Selain itu, Anda juga dapat berlangganan layanan premium dari hukumonline.com. klik disini

Terima kasih atas dukungan yang Anda berikan.

[ X ]

Ketentuan Adblocker


Bagaimana menonaktifkan Adblocker pada laman hukumonline.com?

Adblock / Adblock Plus
  • Klik logo Adblock/Adblock Plus, yang berada disebelah kanan address bar.
  • Pada Adblock, klik "Don't run on pages on this domain".
  • Pada Adblock Plus klik "Enabled on this site" untuk menonaktifkan Adblocking pada laman hukumonline.com. Apabila Anda menggunakan Firefox, klik "disable on hukumonline.com".
Firefox Tracking Protection

Apabila Anda menggunakan Private Browsing dalam Firefox, "Tracking Protection" akan muncul pemberitahuan Adblock. Anda dapat menonaktifkan dengan klik “shield icon” pada address bar Anda.

Ghostery
  • Klik pada icon Ghostery.
  • Apabila Anda menggunakan versi sebelum 6.0 klik "whitelist site".
  • Dalam versi 6.0 klik "trust site" atau tambahkan hukumonline.com pada Trusted Site list Anda.
  • Dalam versi sebelum 6.0 Anda akan melihat pesan "Site is whitelisted". Klik "reload the page to see your changes".
uBlock
  • Klik ikon uBlock.
  • Lalu klik tombol besar untuk melakukan whitelist pada laman yang sedang Anda jelajahi, dan ketika Anda membuka laman ini kembali secara otomatis akan terekam perintah yang Anda lakukan.
  • Lalu lakukan reload pada laman yang Anda jelajahi.

Terima kasih atas dukungan Anda untuk membantu kami menjadikan hukum untuk semua