Senin, 12 Agustus 2013

OJK : Lima Perusahaan Siap IPO

ANT


Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebutkan sebanyak lima perusahaan dari sektor perbankan dan jasa sedang dalam proses pelaksanaan penawaran umum saham perdana (IPO). Demikian Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal OJK, Nurhaida di sela 'halal bihalal' OJK di Jakarta, Senin (12/8).


Ia mengemukakan dalam ketentuan terkait IPO disebutkan, dalam 45 hari kerja setelah diterimanya Pernyataan Pendaftaran secara lengkap, maka OJK akan mengeluarkan Pernyataan Efektif IPO. "Jika pengajuan IPO dilakukan pada bulan Juli dan jika prosesnya lancar maka diperkirakan pada Agustus atau September sudah bisa dikeluarkan izin efektif," ujar dia.


Nurhaida mengharapkan perusahaan Indonesia untuk masuk ke pasar modal terutama Badan usaha Milik Negara (BUMN) sehingga dapat ikut mendorong nilai kapitalisasi Bursa Efek Indonesia.


"Sebagai regulator, tentunya kita mengimbau dan mengharapkan perusahaan untuk masuk ke pasar modal, utamanya BUMN karena nilai kapitalisasinya besar, peminatnya banyak. Asumsi masyarakat dan kenyataannya BUMN memang perusahaan yang dianggap lebih aman dan 'bluechip'," kata dia.


Ia juga mengatakan OJK beberapa kali telah melakukan "Focus Group Discussion" (FGD) dengan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) mengundang 100 perusahaan yang memiliki potensi untuk "go public". "Kami undang perusahaan yang cukup besar untuk kami jelaskan langkah-langkah IPO-nya dan kami jelaskan juga yang sudah masuk pasar modal," ucapnya.


Dalam kesempatan itu, Nurhaida mengakui bahwa pemahaman masyarakat Indonesia tentang industri pasar modal masih minim bila dibandingkan industri keuangan lainnya. "Kalau kita lihat dari sisi edukasi dan perlindungan konsumen yang melakukan kuesioner, dari seluruh sektor keuangan memang yang paling sedikit pemahaman masyarakat adalah tentang pasar modal. Atau mungkin juga karena perusahaan belum merasa butuh tambahan dana untuk modal ekspansi," kata dia.


Di tempat yang sama, Direktur Utama PT Mandiri Sekuritas, Abiprayadi Riyanto mengatakan bahwa pada semester kedua tahun ini pihaknya akan menangani empat perusahaan untuk melakukan IPO senilai Rp3,5 triliun. "Perusahaan yang mau IPO ada empat, total nilainya sebesar Rp3,5 triliun, dengan memakai buku Juni. Sektornya ada dari konsumer, komuditi, jasa keuangan, dan transportasi," ujar dia.

Seluruh isi komentar adalah tanggung jawab masing-masing pengguna. Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Redaksi Hukumonline berhak untuk menayangkan atau tidak menayangkan komentar, dengan mempertimbangkan kepatutan serta norma-norma yang berlaku.

[ X ]

Notifikasi Adblocker

Kami memasang iklan pada konten yang Anda ingin jelajahi.
Iklan membantu kami untuk dapat memberikan konten hukum secara gratis.

Bantu kami untuk tetap menjadikan hukum untuk semua dengan cara menonaktifkan Adblock pada browser Anda. Pahami lebih lanjut mengenai ketentuannya disini.

Selain itu, Anda juga dapat berlangganan layanan premium dari hukumonline.com. klik disini

Terima kasih atas dukungan yang Anda berikan.

[ X ]

Ketentuan Adblocker


Bagaimana menonaktifkan Adblocker pada laman hukumonline.com?

Adblock / Adblock Plus
  • Klik logo Adblock/Adblock Plus, yang berada disebelah kanan address bar.
  • Pada Adblock, klik "Don't run on pages on this domain".
  • Pada Adblock Plus klik "Enabled on this site" untuk menonaktifkan Adblocking pada laman hukumonline.com. Apabila Anda menggunakan Firefox, klik "disable on hukumonline.com".
Firefox Tracking Protection

Apabila Anda menggunakan Private Browsing dalam Firefox, "Tracking Protection" akan muncul pemberitahuan Adblock. Anda dapat menonaktifkan dengan klik “shield icon” pada address bar Anda.

Ghostery
  • Klik pada icon Ghostery.
  • Apabila Anda menggunakan versi sebelum 6.0 klik "whitelist site".
  • Dalam versi 6.0 klik "trust site" atau tambahkan hukumonline.com pada Trusted Site list Anda.
  • Dalam versi sebelum 6.0 Anda akan melihat pesan "Site is whitelisted". Klik "reload the page to see your changes".
uBlock
  • Klik ikon uBlock.
  • Lalu klik tombol besar untuk melakukan whitelist pada laman yang sedang Anda jelajahi, dan ketika Anda membuka laman ini kembali secara otomatis akan terekam perintah yang Anda lakukan.
  • Lalu lakukan reload pada laman yang Anda jelajahi.

Terima kasih atas dukungan Anda untuk membantu kami menjadikan hukum untuk semua