DPR Desak Pemerintah Tingkatkan PNBP Sektor SDA
Aktual

DPR Desak Pemerintah Tingkatkan PNBP Sektor SDA

Oleh:
RFQ
Bacaan 2 Menit
DPR Desak Pemerintah Tingkatkan PNBP Sektor SDA
Hukumonline

DPR meminta pemerintah untuk meningkatkan penerimaan negara bukan pajak (PNBP) dari sektor Sumber Daya Alam (SDA). Hal itu diungkapkan ketua DPR Marzuki Alie dalam pidatonya pada Rapat Paripurna DPR Pembukaan masa persidangan I Tahun sidang 2013-2014 di ruang sidang paripurna gedung MPR, Jumat (16/8).  

“Dewan mendesak pemerintah untuk meningkatkan penerimaan negara bukan pajak dari pengelolaan sumber daya alam,” ujarnya. 

Menurut Marzuki, DPR sangat mendukung kebijakan politik dalam pemanfaatan SDA yang berorientasi pada peningkatan nilai tambah komoditi hasil tambang. Dikatakan Marzuki, paradigma yang menggantungkan perolehan devisa dari ekspor komoditi utama SDA harus ditinggalkan. “Sebab kekayaan sumber daya alam bersifat bisa habis dan tidak bisa diperbaharui,” imbuhnya. 

Hal lain yang menjadi perhatian DPR, adalah arah kebijakan belanja pemerintah pusat. Menurutnya, pemerintah mesti fokus pada program dan kegiatan yang produktif. Misalnya, belanja modal untuk pembangunan infrastruktur, peningkatan kesejahteraan melalui subsidi non energi. “Sehingga mampu mendorong pertumbuhan perekonomian,” pungkasnya.

Tags: