Senin, 19 Agustus 2013

UPH Kembali Gelar Lomba Sidang Antar SMA

Kali ini mengangkat tema ‘Genocide’.
ALI
Suasana perlombaan mootcourt antar SMA tahun 2011. Foto: www.uph.edu


Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Pelita Harapan (FH UPH) kembali menggelar kompetisi peradilan semu atau mootcourt untuk siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). Tahun ini adalah penyelenggaraan ketujuh, dan tema yang dipilih kali ini adalah Genocide (pembunuhan massal yang sistemik).


Sabrina Wirawendra Kusumorpojo, salah seorang panitia acara ini, mengatakan acara ini adalah acara rutin tahunan yang diselenggarakan oleh para mahasiswa FH UPH yang tergabung dalam komunitas mahasiswa peradilan semu hukum internasional. “Penyelenggaranya mahasiswa,” ujarnya kepada hukumonline, Senin (19/8).


Lebih lanjut, Sabrina menjelaskan tujuan kompetisi ini secara umum adalah mengenalkan hukum yang berkaitan dengan hak asasi manusia (HAM) kepada siswa/siswi SMA. Isu yang diangkat setiap tahun hampir sama, yakni Hukum Internasional atau secara khusus Hukum Humaniter Internasional.


“Dalam International Humanitarian Law, isu-isu yang sering terjadi adalah pelanggaran hak asasi manusia. Kami ingin meningkatkan kesadaran mereka mengenai pelanggaran-pelanggaran HAM tersebut,” ujarnya.


Sabrina menambahkan tema khusus yang diangkat tahun ini adalah menyangkut Genocide (pembunuhan massal secara sistemik). Faktanya, komunitas internasional menganggap genocide sebagai sebuah kejahatan yang paling jahat. Kasus-kasus yang disajikan adalah seputar relokasi paksa (forcible displacement) dan diskriminasi ras.


“Ini berkaitan dengan masalah-masalah yang sedang terjadi saat ini seperti racial conflicts dan civil wars. Kami menginginkan siswa SMA untuk setidaknya sadar akan arti dari isu-isu ini dan mencoba menghasilkan argumen-argumen yang menganalisa isu-isu tersebut,” jelasnya.


Juara dari Tahun ke Tahun









































No.




Pemenang




Tahun




1.




SMA Kristen 5 BPK Penabur




2007




2.




SMA Kristen 5 BPK Penabur




2008




3.




Sekolah Pelita Harapan – Karawaci




2009




4.




Morning Star Academy




2010




5.




Sekolah Pelita Harapan – Lippo Village




2011




6.




Sekolah Pelita Harapan – Lippo Village




2012


Halaman

Seluruh isi komentar adalah tanggung jawab masing-masing pengguna. Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Redaksi Hukumonline berhak untuk menayangkan atau tidak menayangkan komentar, dengan mempertimbangkan kepatutan serta norma-norma yang berlaku.

[ X ]

Notifikasi Adblocker

Kami memasang iklan pada konten yang Anda ingin jelajahi.
Iklan membantu kami untuk dapat memberikan konten hukum secara gratis.

Bantu kami untuk tetap menjadikan hukum untuk semua dengan cara menonaktifkan Adblock pada browser Anda. Pahami lebih lanjut mengenai ketentuannya disini.

Selain itu, Anda juga dapat berlangganan layanan premium dari hukumonline.com. klik disini

Terima kasih atas dukungan yang Anda berikan.

[ X ]

Ketentuan Adblocker


Bagaimana menonaktifkan Adblocker pada laman hukumonline.com?

Adblock / Adblock Plus
  • Klik logo Adblock/Adblock Plus, yang berada disebelah kanan address bar.
  • Pada Adblock, klik "Don't run on pages on this domain".
  • Pada Adblock Plus klik "Enabled on this site" untuk menonaktifkan Adblocking pada laman hukumonline.com. Apabila Anda menggunakan Firefox, klik "disable on hukumonline.com".
Firefox Tracking Protection

Apabila Anda menggunakan Private Browsing dalam Firefox, "Tracking Protection" akan muncul pemberitahuan Adblock. Anda dapat menonaktifkan dengan klik “shield icon” pada address bar Anda.

Ghostery
  • Klik pada icon Ghostery.
  • Apabila Anda menggunakan versi sebelum 6.0 klik "whitelist site".
  • Dalam versi 6.0 klik "trust site" atau tambahkan hukumonline.com pada Trusted Site list Anda.
  • Dalam versi sebelum 6.0 Anda akan melihat pesan "Site is whitelisted". Klik "reload the page to see your changes".
uBlock
  • Klik ikon uBlock.
  • Lalu klik tombol besar untuk melakukan whitelist pada laman yang sedang Anda jelajahi, dan ketika Anda membuka laman ini kembali secara otomatis akan terekam perintah yang Anda lakukan.
  • Lalu lakukan reload pada laman yang Anda jelajahi.

Terima kasih atas dukungan Anda untuk membantu kami menjadikan hukum untuk semua