Ketua Umum AKPI Janji Perhatikan Anggota di Daerah
Berita

Ketua Umum AKPI Janji Perhatikan Anggota di Daerah

Sempat diwarnai protes dari anggota yang tidak terdaftar.

Oleh:
HRS
Bacaan 2 Menit
Ketua Umum AKPI periode 2013-2016, James Purba. Foto: SGP
Ketua Umum AKPI periode 2013-2016, James Purba. Foto: SGP

Setelah memimpin dua periode, Ricardo Simanjuntak akhirnya harus menyerahkan tongkat kepemimpinan Asosiasi Kurator dan Pengurus Indonesia (AKPI) kepada penerusnya. Dalam forum Rapat Anggota Tahunan AKPI, Kamis (29/8), Jamaslin James Purba terpilih menjadi Ketua Umum periode 2013-2016.

James terpilih setelah berhasil menyisihkan tiga kandidat lainnya yakni Mohammad Ismak, Andrey Sitanggang, dan Astuti Sitanggang. Dari total 290 orang pemilih, James memperoleh 124 suara, Andrey 76 suara, Ismak 61 suara, dan Astuti 29 suara.

Berdasarkan pantauan hukumonline di lokasi, proses pemilihan Ketua Umum AKPI berjalan cukup meriah. Namun, kemeriahan itu sempat ‘terganggu’ oleh insiden protes salah satu anggota AKPI yang tidak dapat menggunakan hak suaranya.

Giri Muda Djadi, anggota tersebut, merasa haknya untuk mengikuti pemilihan telah dikebiri oleh panitia. Giri memang telat menghadiri acara, sehingga ketika dia datang batas waktu pendaftaran telah habis. Malam itu, Giri bukan satu-satunya anggota AKPI yang telat mendaftar.

“Saya protes bukan untuk mendukung salah satu pihak karena saya belum tahu siapa yang salah pilih. Substansinya adalah mencari pemimpin yang dapat mengakses segala pihak,” kata Giri kepada hukumonline.

Menanggapi protes Giri dan beberapa orang lainnya, Ricardo selaku pimpinan sidang bergeming. Menurut dia, tata tertib yang telah disepakati harus tetap dipatuhi seluruh anggota AKPI. “Saya mengerti, tetapi kita tetap harus menaati tata tertib yang telah disepakati,” ujarnya.

Begitu James Purba resmi dinobatkan sebagai Ketua Umum periode 2013-2016, prosesi penyerahan jabatan pun dilakukan. Secara simbolik, Ricardo Simanjuntak menyerahkan Bendera AKPI dan atribut organisasi lainnya kepada James.

Tags:

Berita Terkait