Jumat, 06 September 2013

Ini Pedoman Pelaksanaan Permenakertrans Outsourcing

Untuk dijadikan acuan bagi para pihak.
IHW


Menakertrans Muhaimin Iskandar menerbitkan surat edaran sebagai pedoman pelaksanaan dari Permenakertrans No 19 Tahun 2012 tentang Outsourcing. Surat edaran yang dibuat pada 26 Agustus 2013 itu diberi nomor SE.04/MEN/VIII/2013.


Di dalam surat itu, Muhaimin berharap pedoman ini dijadikan acuan bagi para pihak dalam melaksanakan penyerahan sebagian pelaksanaan pekerjaan kepada perusahaan lain atau biasa disebut dengan outsourcing.


Lebih lengkapnya, Menakertrans menguraikan pedoman tersebut di bagian lampiran sebanyak 14 halaman. Lampiran tersebut juga dilengkapi dengan 14 contoh surat dan formulir yang mesti diisi para pihak yang terlibat dalam aktifitas outsourcing.


Pada bagian lampiran tersebut, Menakertrans juga memberikan defenisi terlebih dahulu atas beberapa istilah yang sebelumnya sudah diatur dalam Permenakertrans. Misalnya tentang asosiasi sektor usaha yang diartikan sebagai perkumpulan beberapa perusahaan yang mempunyai bidang usaha yang sama dan sejenis, dan dibentuk berdasarkan peraturan perundang-undangan.


Selain itu juga ada istilah ‘alur kegiatan proses pelaksanaan pekerjaan’ yang didefinisikan sebagai serangkaian pekerjaan yang menggambarkan proses pelaksanaan pekerjaan dari awal sampai akhir serta memuat mengenai pekerjaan atau kegiatan utama dan penunjang.


Pemborongan pekerjaan

Pedoman ini berusaha menjawab pertanyaan yang kerap muncul mengenai harus terpisahnya kegiatan pemborongan pekerjaan dengan pekerjaan utama. “Maksudnya adalah bukan lokasinya yang terpisah, tetapi pelaksanaan pekerjaannya yang terpisah. Hal ini disebabkan ada beberapa jenis pekerjaan yang tidak memungkinkan untuk dilaksanakan,” demikian tertulis dalam pedoman. 


Isu lain terkait pemborongan pekerjaan yang diatur dalam pedoman ini adalah mengenai perintah langsung atau tidak langsung dari perusahaan pemberi pekerjaan. Pedoman ini menegaskan bahwa perintah tersebut penting agar pekerjaan yang dilakukan oleh perusahaan pemborongan pekerjaan sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh perusahaan pemberi pekerjaan.

Halaman Selanjutnya
Halaman

Seluruh isi komentar adalah tanggung jawab masing-masing pengguna. Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Redaksi Hukumonline berhak untuk menayangkan atau tidak menayangkan komentar, dengan mempertimbangkan kepatutan serta norma-norma yang berlaku.

[ X ]

Notifikasi Adblocker

Kami memasang iklan pada konten yang Anda ingin jelajahi.
Iklan membantu kami untuk dapat memberikan konten hukum secara gratis.

Bantu kami untuk tetap menjadikan hukum untuk semua dengan cara menonaktifkan Adblock pada browser Anda. Pahami lebih lanjut mengenai ketentuannya disini.

Selain itu, Anda juga dapat berlangganan layanan premium dari hukumonline.com. klik disini

Terima kasih atas dukungan yang Anda berikan.

[ X ]

Ketentuan Adblocker


Bagaimana menonaktifkan Adblocker pada laman hukumonline.com?

Adblock / Adblock Plus
  • Klik logo Adblock/Adblock Plus, yang berada disebelah kanan address bar.
  • Pada Adblock, klik "Don't run on pages on this domain".
  • Pada Adblock Plus klik "Enabled on this site" untuk menonaktifkan Adblocking pada laman hukumonline.com. Apabila Anda menggunakan Firefox, klik "disable on hukumonline.com".
Firefox Tracking Protection

Apabila Anda menggunakan Private Browsing dalam Firefox, "Tracking Protection" akan muncul pemberitahuan Adblock. Anda dapat menonaktifkan dengan klik “shield icon” pada address bar Anda.

Ghostery
  • Klik pada icon Ghostery.
  • Apabila Anda menggunakan versi sebelum 6.0 klik "whitelist site".
  • Dalam versi 6.0 klik "trust site" atau tambahkan hukumonline.com pada Trusted Site list Anda.
  • Dalam versi sebelum 6.0 Anda akan melihat pesan "Site is whitelisted". Klik "reload the page to see your changes".
uBlock
  • Klik ikon uBlock.
  • Lalu klik tombol besar untuk melakukan whitelist pada laman yang sedang Anda jelajahi, dan ketika Anda membuka laman ini kembali secara otomatis akan terekam perintah yang Anda lakukan.
  • Lalu lakukan reload pada laman yang Anda jelajahi.

Terima kasih atas dukungan Anda untuk membantu kami menjadikan hukum untuk semua