FH Unpad Sabet Dua Gelar di Asia Cup
Rechtschool

FH Unpad Sabet Dua Gelar di Asia Cup

Prestasi tertinggi FH Unpad di ajang Asia Cup Moot Court.

Oleh:
ALI
Bacaan 2 Menit
Tim FH Unpad yang bertanding di Jepang. Foto: Istimewa
Tim FH Unpad yang bertanding di Jepang. Foto: Istimewa

Tim Fakultas Hukum Universitas Padjajaran (FH Unpad) berhasil menyabet dua penghargaan sekaligus di kompetisi peradilan semu internasional ‘Asia Cup 2013’ di Tokyo, Jepang.

Gelar pertama adalah ‘The Second Best Memorial’ untuk Tim FH Unpad, sedangkan gelar kedua adalah ‘The Second Best Oralist’ yang diraih oleh anggota tim, Sekar Askarini Noersyachbana. Kompetisi ini diselenggarakan oleh International Law Student Exchange dan Kementerian Luar Negeri Jepang pada 27-28 Agustus lalu.

Sebagai informasi, kategori ‘memorial’ merupakan pengujian kemampuan tim peserta moot court dalam menyiapkan berkas persidangan. Sementara, kategori ‘oralist’ adalah bagaimana peserta secara individu menyampaikan argumennya secara lisan.

“Ini merupakan prestasi tertinggi FH Unpad di ajang Asia Cup,” ujar Sekar Askarini Noersyachbana kepada hukumonline, melalui sambungan telepon, Senin (9/9).

Tim FH Unpad terdiri dari Sekar Askarini Noersyachbana, Ida Ayu Tita Rahmawidiani, Jonathan Diva Sadikin, dan Rheza Astra Adizora. Prestasi Sekar dkk lebih tinggi dibanding prestasi tim FH Unpad pada 2009 yang hanya meraih gelar ‘The Third Memorial’.

Sekar menceritakan perjuangan tim ini menuju Tokyo. Ia mengatakan tim harus melewati seleksi nasional yang diselenggarakan oleh panitia. Ia menuturkan panitia hanya menyiapkan waktu satu bulan kepada setiap tim asal Indonesia untuk menyelesaikan berkas.

Beberapa fakultas hukum lain di Indonesia, selain FH Unpad, juga ikut dalam seleksi ini. Namun, akhirnya, tim dari FH Unpad lah yang terpilih untuk mengikuti kompetisi Asia Cup ini. “Setiap negara hanya diwakili satu tim, kecuali Jepang selaku tuan rumah. Total hanya ada delapan negara,” ujarnya.

Tags: