Berkat Youtube, Polisi Tangkap Pembalap Liar
Jeda

Berkat Youtube, Polisi Tangkap Pembalap Liar

Pelaku tabrak lari mengaku salah di Youtube.

Oleh:
RZK
Bacaan 2 Menit
Video pengakuan Matt Cordle. Foto: Youtube
Video pengakuan Matt Cordle. Foto: Youtube

Dari sekian banyak kegunaannya, teknologi internet ternyata bisa juga menjadi petunjuk untuk polisi menangkap seorang pelaku pidana. Alkisah di Amerika Serikat, New York Police Department (NYPD) baru saja menangkap Christopher Adam Tang dengan tuduhan di antaranya pelanggaran marka lalu lintas dan mengemudi secara sembrono.

Lucunya, Adam ditangkap justru setelah dia dengan identitas Afroduck mengunggah sebuah video di laman www.youtube.com. Video berjudul “Fastest Lap Around Manhattan 2013” itu berisi rekaman perjalanan mobil BMW Adam menelusuri kota Manhattan. Video tersebut dibuat pada 26 Agustus 2013, kemudian dipublikasikan dua hari setelahnya.

Direkam dengan kamera yang dipasang di dashboard mobil, dalam video itu hanya tampak gambar jalan raya Manhattan di malam hari serta himpunan angka penghitung waktu (stop watch). Sebagai pelengkap, video itu juga diiringi alunan musik elektronik.

Pada kolom keterangan video tertulis “Musim panas 2013, sebuah rekor perjalanan tercepat di Manhattan dimulai dari jalan 116th menuju jalan tol Henry Hudson, lalu balik ke jalan 116th hanya dalam 24 menit. Rekor sebelumnya 26 menit pada tahun 2010, dan 27 menit pada tahun 2001. Rekor itu ada untuk dipecahkan...”

“Kami sudah pernah melihat ini sebelumnya. Kami telah mengambil tindakan,” kata Komisioner NYPD, Ray Kelly sebagaimana dilansir www.abajournal.com. Menurut dia, Adam berhasil ditangkap setelah polisi investigasi dengan memanfaatkan data pada plat mobil serta bantuan divisi jalan tol plus dukungan beberapa bukti lainnya, termasuk video Youtube.

Jaksa wilayah menyatakan sebelum aksi kebut-kebutan di Manhattan, Adam pernah melakukan pelanggaran serupa. Kala itu, Adam mengklaim berhasil menempuh 4000 mil dengan catatan waktu 38 jam.

Di hadapan penyelidik, Adam berdalih aksi kebut-kebutan dilakukan untuk membuktikan seberapa cepat dirinya mengendarai mobil menyusuri jalan-jalan di Manhattan. Adam mengakui kecepatannya memang cukup tinggi, tapi tidak melampaui 100 mil per jam. Dia juga mengaku sempat menerbos satu lampu merah, tetapi itu hanya lampu merah untuk pejalan kaki.

Halaman Selanjutnya:
Tags: