Selasa, 10 September 2013

Berkat Youtube, Polisi Tangkap Pembalap Liar

Pelaku tabrak lari mengaku salah di Youtube.
RZK
Video pengakuan Matt Cordle. Foto: Youtube


Dari sekian banyak kegunaannya, teknologi internet ternyata bisa juga menjadi petunjuk untuk polisi menangkap seorang pelaku pidana. Alkisah di Amerika Serikat, New York Police Department (NYPD) baru saja menangkap Christopher Adam Tang dengan tuduhan di antaranya pelanggaran marka lalu lintas dan mengemudi secara sembrono.


Lucunya, Adam ditangkap justru setelah dia dengan identitas Afroduck mengunggah sebuah video di laman www.youtube.com. Video berjudul “Fastest Lap Around Manhattan 2013” itu berisi rekaman perjalanan mobil BMW Adam menelusuri kota Manhattan. Video tersebut dibuat pada 26 Agustus 2013, kemudian dipublikasikan dua hari setelahnya.


Direkam dengan kamera yang dipasang di dashboard mobil, dalam video itu hanya tampak gambar jalan raya Manhattan di malam hari serta himpunan angka penghitung waktu (stop watch). Sebagai pelengkap, video itu juga diiringi alunan musik elektronik.


Pada kolom keterangan video tertulis “Musim panas 2013, sebuah rekor perjalanan tercepat di Manhattan dimulai dari jalan 116th menuju jalan tol Henry Hudson, lalu balik ke jalan 116th hanya dalam 24 menit. Rekor sebelumnya 26 menit pada tahun 2010, dan 27 menit pada tahun 2001. Rekor itu ada untuk dipecahkan...”


“Kami sudah pernah melihat ini sebelumnya. Kami telah mengambil tindakan,” kata Komisioner NYPD, Ray Kelly sebagaimana dilansir www.abajournal.com. Menurut dia, Adam berhasil ditangkap setelah polisi investigasi dengan memanfaatkan data pada plat mobil serta bantuan divisi jalan tol plus dukungan beberapa bukti lainnya, termasuk video Youtube.


Jaksa wilayah menyatakan sebelum aksi kebut-kebutan di Manhattan, Adam pernah melakukan pelanggaran serupa. Kala itu, Adam mengklaim berhasil menempuh 4000 mil dengan catatan waktu 38 jam.


Di hadapan penyelidik, Adam berdalih aksi kebut-kebutan dilakukan untuk membuktikan seberapa cepat dirinya mengendarai mobil menyusuri jalan-jalan di Manhattan. Adam mengakui kecepatannya memang cukup tinggi, tapi tidak melampaui 100 mil per jam. Dia juga mengaku sempat menerbos satu lampu merah, tetapi itu hanya lampu merah untuk pejalan kaki.

Halaman Selanjutnya
Halaman

Seluruh isi komentar adalah tanggung jawab masing-masing pengguna. Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Redaksi Hukumonline berhak untuk menayangkan atau tidak menayangkan komentar, dengan mempertimbangkan kepatutan serta norma-norma yang berlaku.

[ X ]

Notifikasi Adblocker

Kami memasang iklan pada konten yang Anda ingin jelajahi.
Iklan membantu kami untuk dapat memberikan konten hukum secara gratis.

Bantu kami untuk tetap menjadikan hukum untuk semua dengan cara menonaktifkan Adblock pada browser Anda. Pahami lebih lanjut mengenai ketentuannya disini.

Selain itu, Anda juga dapat berlangganan layanan premium dari hukumonline.com. klik disini

Terima kasih atas dukungan yang Anda berikan.

[ X ]

Ketentuan Adblocker


Bagaimana menonaktifkan Adblocker pada laman hukumonline.com?

Adblock / Adblock Plus
  • Klik logo Adblock/Adblock Plus, yang berada disebelah kanan address bar.
  • Pada Adblock, klik "Don't run on pages on this domain".
  • Pada Adblock Plus klik "Enabled on this site" untuk menonaktifkan Adblocking pada laman hukumonline.com. Apabila Anda menggunakan Firefox, klik "disable on hukumonline.com".
Firefox Tracking Protection

Apabila Anda menggunakan Private Browsing dalam Firefox, "Tracking Protection" akan muncul pemberitahuan Adblock. Anda dapat menonaktifkan dengan klik “shield icon” pada address bar Anda.

Ghostery
  • Klik pada icon Ghostery.
  • Apabila Anda menggunakan versi sebelum 6.0 klik "whitelist site".
  • Dalam versi 6.0 klik "trust site" atau tambahkan hukumonline.com pada Trusted Site list Anda.
  • Dalam versi sebelum 6.0 Anda akan melihat pesan "Site is whitelisted". Klik "reload the page to see your changes".
uBlock
  • Klik ikon uBlock.
  • Lalu klik tombol besar untuk melakukan whitelist pada laman yang sedang Anda jelajahi, dan ketika Anda membuka laman ini kembali secara otomatis akan terekam perintah yang Anda lakukan.
  • Lalu lakukan reload pada laman yang Anda jelajahi.

Terima kasih atas dukungan Anda untuk membantu kami menjadikan hukum untuk semua