BNN Akan Uji Forensik Narkoba di Ruang Akil
Berita

BNN Akan Uji Forensik Narkoba di Ruang Akil

Sebagai penyelidikan lebih lanjut untuk mengetahui kepemilikan narkoba tersebut.

Oleh:
ASH
Bacaan 2 Menit
BNN Akan Uji Forensik Narkoba di Ruang Akil
Hukumonline

Keberadaan narkoba jenis ganja dan pil inex yang ditemukan di ruang kerja mantan Ketua MK Nonaktif M. Akil Mochtar belum dapat dipastikan sebagai milik Akil. Karena itu, pihak Badan Narkotika Nasional (BNN) akan menelusuri kepemilikan narkoba tersebut. 

Ketua Penyidik BNN, Kombes Pol Slamet Pribadi, mengungkapkan walaupun ganja itu diambil dari ruang kerja Akil, harus ada penyelidikan lebih lanjut untuk memastikan siapa pemilik barang terlarang itu. Apalagi, dalam kasus ini narkoba itu ditemukan terpisah, bukan dalam keadaan sedang digunakan.

“Sudah jelas itu mengandung ganja, tetapi milik siapa itu yang harus dibuktikan,” ungkap Slamet saat menjadi saksi dalam sidang Majelis Kehormatan Konstitusi (MKK) di Gedung MK, Selasa (8/10) malam.

Namun, Slamet menegaskan mudah untuk mengetahui kepemilikan ganja itu ketika tertangkap tangan sedang menggunakan narkoba. Akan tetapi, dalam kasus ini, ketika seseorang tidak tertangkap tangan, bisa saja dia menolak mengakui kepemilikan barang tersebut. “Kalau dia mengakui, itu lebih mudah, tetapi jika dia menyangkal perlu penyelidikan lebih lanjut,” terang Slamet.

Dia melanjutkan biasanya jika seseorang yang menyangkal kepemilikan, BNN akan melakukan uji forensik dengan melalui sidik jari atau air liur yang tertinggal dalam lintingan ganja yang ditemukan. 

“Belum dilakukan, tetapi kami sudah menyiapkan rencana penyelidikan. Itu sesuai dengan hukum yang mengharuskan ada persesuaian bukti yang satu dengan yang lain,” lanjut Slamet.

Kronologis penangkapan
Selain itu, dalam sidang etik terungkap kronologi penangkapan Akil oleh KPK melalui keterangan ajudan Akil bernama Kasno. Dia menceritakan sekitar pukul 21.00 ada tamu dua laki-laki dan satu perempuan yang kemudian dibukakan pintu gerbang rumah oleh petugas jaga (security). Namun, satu laki-laki tetap di dalam mobil yang diparkir di luar pagar. Lalu, security melaporkan ke Akil kalau ada tamu dan dipersilahkan untuk menunggu di teras depan.

Halaman Selanjutnya:
Tags: