Kamis, 07 November 2013

KPK: Supir Akil Dilindungi karena Whistleblower

ANT


Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi Johan Budi mengatakan sopir mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Akil Mochtar, Daryono, saat ini berstatus dilindungi oleh KPK karena dianggap sebagai whistleblower.



"Saat ini (dia) di kantor KPK," kata Johan di Gedung KPK, di Jakarta, Kamis.



Status Daryono yang dilindungi terungkap ketika Badan Narkotika Nasional berkoordinasi dengan KPK untuk memeriksa Daryono hari ini terkait penemuan narkoba berupa empat lintingan ganja dan dua pil yang mengandung unsur sabu di ruang kerja Akil.



Pemeriksaan dilakukan di KPK karena Daryono sebagai salah satu saksi yang ada dalam perlindungan KPK. Perlindungan tersebut berdasarkan dalam Undang-Undang KPK dalam Pasal 15 No 30 tahun 2002.



"Dia saksi yang bisa memberikan laporan terhadap terjadinya tindak pidana korupsi, semacam whistleblower lah," ungkap Johan.



Daryono, lanjut Johan, telah dilindungi sekitar dua pekan lalu sejak memberikan keterangan kepada KPK sebagai saksi untuk Akil Mochtar dan merupakan satu-satunya saksi dilindungi.



"Intinya dia itu saksi sekaligus pelapor informasi adanya Tipikor berkaitan dengan kasus yang diusut," tambah Johan.



Namun Johan mengaku belum bisa merinci bentuk perlindungan yang diberikan Daryono. Adapun apakah ada perlindungan dari Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK), Johan mengaku tidak tahu termasuk ada atau tidaknya ancaman terhadap Daryono.



"Saya belum tahu apaka dia sudah ajukan ke LPSK tetapi KPK juga punya kewajiban melindungi saksi dalam pasal 15 Undang-Undang KPK. Kalau dia merasa ada ancaman terus minta perlindungan LPsK, bisa saja. Tetapi tergantung Daryono-nya.



Nama Daryono mencuat saat Akil yang menjadi tersangka dua kasus dugaan suap sengketa pilkada di MK diketahui menggunakan nama Daryono atas sebuah mobil merek mercy yang telah disita KPK bersama dua mobil lainnya, Audi Q5 dan Toyota Crown.



Daryono memang disebut sangat dekat dengan Akil. Menurut informasi dia menjadi orang kepercayaan Akil sehinggan diduga tahu seputar aliran dana yang diterima Akil.



Daryono beberapa kali mangkir dari panggilan Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi untuk menjadi saksi dalam sidang terbuka dugaan pelanggaran kode etik atas Akil beberapa waktu lalu. Namun selanjutnya dia memenuhi panggilan KPK untuk diperiksa sebagai saksi atas Akil.

Seluruh isi komentar adalah tanggung jawab masing-masing pengguna. Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Redaksi Hukumonline berhak untuk menayangkan atau tidak menayangkan komentar, dengan mempertimbangkan kepatutan serta norma-norma yang berlaku.

[ X ]

Notifikasi Adblocker

Kami memasang iklan pada konten yang Anda ingin jelajahi.
Iklan membantu kami untuk dapat memberikan konten hukum secara gratis.

Bantu kami untuk tetap menjadikan hukum untuk semua dengan cara menonaktifkan Adblock pada browser Anda. Pahami lebih lanjut mengenai ketentuannya disini.

Selain itu, Anda juga dapat berlangganan layanan premium dari hukumonline.com. klik disini

Terima kasih atas dukungan yang Anda berikan.

[ X ]

Ketentuan Adblocker


Bagaimana menonaktifkan Adblocker pada laman hukumonline.com?

Adblock / Adblock Plus
  • Klik logo Adblock/Adblock Plus, yang berada disebelah kanan address bar.
  • Pada Adblock, klik "Don't run on pages on this domain".
  • Pada Adblock Plus klik "Enabled on this site" untuk menonaktifkan Adblocking pada laman hukumonline.com. Apabila Anda menggunakan Firefox, klik "disable on hukumonline.com".
Firefox Tracking Protection

Apabila Anda menggunakan Private Browsing dalam Firefox, "Tracking Protection" akan muncul pemberitahuan Adblock. Anda dapat menonaktifkan dengan klik “shield icon” pada address bar Anda.

Ghostery
  • Klik pada icon Ghostery.
  • Apabila Anda menggunakan versi sebelum 6.0 klik "whitelist site".
  • Dalam versi 6.0 klik "trust site" atau tambahkan hukumonline.com pada Trusted Site list Anda.
  • Dalam versi sebelum 6.0 Anda akan melihat pesan "Site is whitelisted". Klik "reload the page to see your changes".
uBlock
  • Klik ikon uBlock.
  • Lalu klik tombol besar untuk melakukan whitelist pada laman yang sedang Anda jelajahi, dan ketika Anda membuka laman ini kembali secara otomatis akan terekam perintah yang Anda lakukan.
  • Lalu lakukan reload pada laman yang Anda jelajahi.

Terima kasih atas dukungan Anda untuk membantu kami menjadikan hukum untuk semua