Anggota Kompolnas Puji Kinerja Densus 88
Aktual

Anggota Kompolnas Puji Kinerja Densus 88

Oleh:
ANT
Bacaan 2 Menit
Anggota Kompolnas Puji Kinerja Densus 88
Hukumonline
Anggota Komisi Kepolisian Nasional Prof Adrianus Meliala mengatakan keberhasilan Detasemen Khusus 88 Antiteror Polri dalam penggerebekan terduga teroris di Ciputat merupakan sebuah prestasi.

"Densus berhasil melakukan penggerebekan pada waktu yang tepat sehingga tujuh orang terduga teroris bisa digerebek pada waktu yang sama," kata Adrianus Meliala di Jakarta, Kamis.

Adrianus mengatakan penggerebekan sudah pasti dilakukan pada waktu dan tempat yang ideal. Karena itu, dalam penggerebekan seringkali terjadi perlawanan sehingga ada pihak yang terluka, bahkan tewas.

Menurut Adrianus, Densus 88 sebagai bagian dari institusi Polri sebagai penegak hukum, sangat berharap terduga teroris dapat ditangkap dalam keadaan hidup sehingga bisa didapat keterangan mengenai jaringan penebar teror itu.

"Namun, situasi saat itu memang cukup sulit sehingga enam terduga teroris tersebut akhirnya tewas," tuturnya.

Adrianus mengatakan hingga saat ini Densus 88 dan institusi Polri telah berhasil menangkap 960 terduga teroris yang akhirnya diproses secara hukum. Sedangkan terduga teroris yang tewas dalam operasi Densus 88 sebanyak 45 orang.

"Jumlah yang tewas itu banyak atau tidak kan relatif. Namun, jumlah yang tewas tidak sampai lima persen dari total terduga teroris yang ditangkap hidup-hidup," jelasnya.

Meskipun memuji hasil kerja Densus 88, Adrianus mengatakan Kompolnas sebagai pengawas eksternal akan mengecek apakah tewasnya keenam terduga teroris itu disebabkan penggerebekan yang berlebihan atau tidak.
Tags: