Dalam Sehari BPJS Kesehatan Gaet 9000 Peserta
Aktual

Dalam Sehari BPJS Kesehatan Gaet 9000 Peserta

Oleh:
ADY
Bacaan 2 Menit
Dalam Sehari BPJS Kesehatan Gaet 9000 Peserta
Hukumonline
Sekitar satu pekan BPJS Kesehatan beroperasi sejak diluncurkan pada 1 Januari 2014, badan yang mengelola program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) itu dapat menghimpun peserta baru yang jumlahnya lebih dari 83 ribu orang. Menurut Kepala Departemen Hubungan Masyarakat BPJS Kesehatan, Irfan Humaidi, dalam satu hari, jumlah peserta mandiri baru yang mendaftar rata-rata 9 ribu orang.

Sejak awal diluncurkan, Irfan mengatakan BPJS Kesehatan berupaya menggenjot jumlah kepesertaan. Hal itu terbukti dengan dibukanya kantor BPJS Kesehatan sekalipun libur tahun baru lalu. Alhasil, pada 1 Januari 2014 jumlah peserta baru hanya 500 orang, tapi sepekan kemudian meningkat sampai 83 ribu orang. Antusiasme masyarakat untuk mendaftar menjadi peserta BPJS Kesehatan itu, menurut Irfan, tak lepas dari peran media yang gencar memberitakan BPJS.

“Pemberitaan media (terhadap BPJS,-red) menumbuhkan kesadaran masyarakat,” katanya dalam jumpa pers di kantor BPJS Kesehatan Jakarta, Kamis (9/1).

Animo masyarakat yang cukup tinggi ternyata cukup ‘merepotkan’ kantor-kantor cabang BPJS Kesehatan di daerah. Dikatakan Irfan, kantor-kantor cabang itu tidak mampu menampung masyarakat yang mendaftar. Bahkan di Gorontalo, kantor cabang BPJS Kesehatan terpaksa beroperasi sampai malam hari untuk melayani masyarakat.

Untuk memudahkan peserta dalam melakukan pendaftaran, BPJS Kesehatan masih berupaya agar website dapat digunakan. Tujuannya agar masyarakat tidak perlu repot-repot datang ke kantor BPJS Kesehatan. Mereka cukup mendaftar lewat website dan membayar iuran ke bank.
Tags: