Mahfud: Tim Pakar Seleksi Hakim MK Kredibel
Aktual

Mahfud: Tim Pakar Seleksi Hakim MK Kredibel

Oleh:
ANT
Bacaan 2 Menit
Mahfud: Tim Pakar Seleksi Hakim MK Kredibel
Hukumonline
Rekam jejak tim pakar yang melakukan seleksi calon hakim Mahkamah Konstitusi (MK) dinilai baik sehingga kredibilitasnya tidak perlu diragukan, kata mantan Ketua MK Mahfud MD.

"Tim seleksi yang sekarang orang-orangnya bersih. Situasinya saat ini tidak mungkin untuk berkolusi karena rakyat mengawasi," kata Mahfud di Bandar Lampung, Senin (3/3).

Pihaknya meyakini bahwa tim pakar akan memilih calon hakim yang terbaik. "Saya yakin tim akan memilih yang terbaik," kata dia.

Komisi III DPR melibatkan tim pakar yang terdiri atas delapan orang untuk melakukan seleksi terhadap calon hakim Mahkamah Konstitusi. Dalam seleksi tersebut, pada 3 - 5 Maret 2014 masih berlangsung uji kelayakan dan kepatutan di tingkat DPR.

Kedelapan nama yang masuk dalam tim pakar tersebut ialah mantan hakim Mahkamah Konstitusi (MK) Laica Marzuki; mantan Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Ahmad Syafi'i Maarif; Dosen DPK Kopertis Wilayah IX Sulawesi dan pakar hukum tata negara Lauddin Marsuni; Forum Konstitusi MPR, Zein Bajeber.

Berikutnya mantan hakim MK, Natabaya; mantan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Andi Mattalatta; guru besar tata negara Universitas Andalas Sumatera Barat, Saldi Isra; serta sosiolog dan peneliti, Musni Umar.
Tags: