Semarak Pemilu 2014 di Hukumonline
Info

Semarak Pemilu 2014 di Hukumonline

Hukumonline berkolaborasi dengan KHN dan ILUNI FHUI.

Oleh:
RED
Bacaan 2 Menit
Baliho tentang jadwal pemungutan suara pemilu legislatif 2014 di Gedung KPU. Foto: RES
Baliho tentang jadwal pemungutan suara pemilu legislatif 2014 di Gedung KPU. Foto: RES
Perhelatan demokrasi lima tahunan di Republik ini tinggal menghitung hari. Merujuk ke tahapan yang telah ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU), agenda besar pertama yakni pemungutan suara pemilu legislatif akan digelar 9 April 2014. Sebagaimana media lainnya, Hukumonline tentunya tidak akan melewatkan momen besar ini.

Seperti lima tahun silam, Redaksi Hukumonline telah menyiapkan sejumlah menu khusus menyambut Pemilu 2014. Sebagai media yang mengkhususkan diri pada bidang hukum, menu yang akan kami sajikan tentunya bernuansa hukum.

Mengulang apa yang telah kami lakukan pada Pemilu 2009, Hukumonline kembali berkolaborasi dengan institusi lain. Salah satu mitra kolaborasi itu adalah Komisi Hukum Nasional (KHN).

Ini memang bukan kolaborasi pertama yang dijalin Hukumonline dan KHN. Sebelumnya, kami juga telah bahu-membahu merangkum program hukum yang diusung para kandidat presiden dan wakil presiden Pemilu 2009. Buah dari kolaborasi ini adalah sebuah buku berjudul “Janji-janji Hukum Capres dan Cawapres”.

Untuk Pemilu 2014 ini, lingkup kegiatan coba kami perluas. Tidak hanya Pemilu Presiden dan Wakil Presiden, tetapi juga Pemilu Legislatif. Mitra kolaborasi juga bertambah dengan kehadiran Ikatan Alumni Fakultas Hukum Universitas Indonesia (ILUNI FHUI). Di bawah nahkoda Melli Darsa, ILUNI FHUI menunjukkan perhatian yang cukup besar atas nasib bangsa ini, khususnya yang berkaitan bidang hukum.

Melalui kerjasama bertajuk “Kegiatan Analisis Program Hukum Partai Politik 2014-2019”, Hukumonline, KHN dan ILUNI FHUI ingin memberikan informasi yang proporsional seputar program hukum yang diusung para partai politik kontestan Pemilu 2014. Sebagai langkah awal, kami akan mengetengahkan daftar calon legislatif berlatarbelakang pendidikan hukum yang dimiliki masing-masing partai.

Dengan menggunakan metode penelitian dan jurnalistik, kami berharap dapat menyajikan beragam kemasan informasi baik itu artikel berita, wawancara, maupun kajian mendalam yang nantinya menjadi bekal anda dalam menentukan pilihan saat hari pemungutan suara tiba.

Akhir kata, kami mengucapkan selamat membaca dan semoga bermanfaat.  
Tags: