Golf Ajang Networking Sehat Bagi Advokat
After Office

Golf Ajang Networking Sehat Bagi Advokat

Golf juga mengajarkan kejujuran.

Oleh:
CR-16
Bacaan 2 Menit
Ragam aksi peserta HKHPM Golf Tournament 2014. Foto: RES
Ragam aksi peserta HKHPM Golf Tournament 2014. Foto: RES

Golf identik dengan olahraga yang mahal. Meskipun mahal bukan berarti golf tidak ada manfaatnya. Sejumlah advokat yang menggemari olahraga outdoor ini mengaku mendapat banyak manfaat, setidaknya manfaat sehat dan membangun jaringan dengan sesama advokat atau klien.

Ditemui dalam ajang HKHPM Golf Tournament 2014, Minggu (15/6), Edward Lontoh mengatakan dengan bermain golf dirinya berkesempatan bertemu dengan banyak orang. Makanya, Managing Partner pada Lontoh and Partners ini menilai golf adalah olahraga yang bagus untuk membangun jaringan.

“Memilih golf sebagai hobi karena kebetulan banyak temen-teman main golf dan nambah temen baru dan juga kadang-kadang untuk keperluan profesi kita,” papar Edward menjelaskan alasan dirinya menggemari golf.

Menurut Edward, olahraga golf juga berbeda dengan olahraga lain yang umumnya harus menghadapi lawan. Golf, kata dia, yang menjadi lawan adalah diri sendiri. Untuk itu, setiap pemain golf harus bisa mengontrol diri sendiri jika ingin bermain bagus. “Golf harus bisa kontrol diri sendiri, jangan emosi. Karena di golf itu kalau makin emosi makin jelek mainnya,” ujarnya.

Senada dengan Edward, Henry Chevalier juga merasakan manfaat membangun jaringan dari golf. Managing Partner Henry Chevalier and Partners ini bahkan berpendapat bahwa advokat itu perlu bermain golf dalam rangka membangun jaringan.

Henry mencontohkan ketika dirinya bermain golf bersama Direktur Utama Bursa Efek Indonesia Ito Warsito. Dikatakan Henry, saat bermain dengan Ito Warsito, dirinya berkesempatan berdiskusi tentang banyak hal, mulai dari pekerjaan atau hal lain.

“Kebetulan waktu Pak Ito itu sangat padat, tapi dengan bermain golf itu kan kita bisa berdiskusi mengenai pekerjaan. Ini adalah ajang berdiskusi dan bicara mengenai aspek ekonomi atau apa saja,” ungkapnya.

Tags:

Berita Terkait