RUU Sistem Perbukuan Resmi Inisiatif DPR
Aktual

RUU Sistem Perbukuan Resmi Inisiatif DPR

Oleh:
RFQ
Bacaan 2 Menit
RUU Sistem Perbukuan Resmi Inisiatif DPR
Hukumonline
Palu sidang diketuk pimpinan rapat sidang paripurna Sohibul Iman, pertanda, RUU tentang Sistem Perbukuan disahkan menjadi usul inisiatif Komisi X DPR. Persetujuan diambil pimpinan rapat setelah sembilan fraksi menyatakan persetujuannya.

“Apakah usul inisiatif Komisi X tentang Sistem Perbukuan dapat disahkan menjadi RUU usul inisiatif DPR,” tanya Sohibul Iman kepada seluruh anggota dewan yang hadir dalam rapat sidang paripurna. Pernyataan serentak setuju dari seluruh anggota dewan.

Menurut Sohibul, delapan fraksi sudah menyampaikan pandangannya. Sementara satu fraksi akan menyusul memberikan pandangan fraksinya secara tertulis karena ada kesalahan teknis. Namun, sepanjang sudah disetujui seluruh anggota dewan yang hadir, maka persetujuan sudah dapat diambil.

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu mengatakan, pembahasan RUU tentang Sistem Perbukuan akan ditindaklanjuti antara DPR dan pemerintah.

Sekadar diketahui, Ketua Panja RUU Sistem Perbukuan adalah Utut Adianto. Sebelumnya Utut yang politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan mengatakan adanya RUU tersebut diharapkan dapat menekan harga buku uang kian mahal. Termasuk, buku-buku pendidikan di sekolah, maupun buku umum.

Menurutnya, dengan murahnya harga buku, setidaknya memancing minat masyarakat untuk membaca buku. Selain itu, dalam RUU tersebut juga mengatur perlindungan terhadap hak royalti bagi penulis.
Tags: