Tampar Hakim Sedang Merokok, Seorang Pria Ditahan
Jeda

Tampar Hakim Sedang Merokok, Seorang Pria Ditahan

Pelaku dituduh melakukan tindak pidana penyerangan.

Oleh:
RZK
Bacaan 2 Menit
Arnette Hubbard dalam sebuah forum. Foto: zurientertainment.tumblr.com
Arnette Hubbard dalam sebuah forum. Foto: zurientertainment.tumblr.com
Aktivitas merokok terkadang memang bisa mengundang rasa kesal orang yang berada di sekelilingnya. Dan, ketika orang kesal apa saja bisa terjadi. Namun, apa yang dilakukan David C. Nicosia tidak layak untuk ditiru. Lantaran kesal, David menampar orang yang sedang merokok. Persoalannya, orang yang ditampar David adalah seorang hakim.

Sebagaimana dilansir laman Chicago Tribune News, peristiwanya terjadi Senin kemarin (14/7), sekira jam 2 siang, di luar Richard J. Daley Center, sebuah bangunan publik di Chicago, Amerika Serikat yang di dalamnya juga terdapat pengadilan.

Kala itu, Arnette Hubbard, seorang hakim perempuan berusia 79 tahun sedang asyik merokok di sela-sela waktu istirahat sidang. Lalu, David melintas di depan Arnette. Dengan alasan merasa terganggu, David menampar dan meludahi Arnette. Diperlakukan kasar, Arnette bereaksi dengan mengejar David dan berteriak meminta pertolongan.

David kemudian berkata, “Rosa Parks, pergi sana!”

Dikutip dari laman Wikipedia, Rosa Parks adalah seorang tokoh perempuan keturunan Afrika-Amerika pejuang hak asasi manusia. Tahun 1955, Rosa Parks terkenal setelah menolak mematuhi perintah sopir bus untuk memberikan kursinya agar seluruh penumpang adalah orang kulit putih.

Dengan menyebut nama "Rosa Parks", David sepertinya ingin menyinggung ras Arnette yang kebetulan juga keturunan Afrika-Amerika.

Ulah David berbuah masalah hukum. Pengusaha berumur 55 tahun itu ditahan deputi Sheriff Cook County dengan jaminan AS$90 ribu. David dituduh melakukan tindak pidana penyerangan terhadap Arnette.

Merujuk pada profilnya, Arnette Hubbard adalah sosok hakim menonjol. Hakim kelahiran Arkansas ini tercatat sebagai presiden perempuan pertama yang memimpin National Bar Association dan Cook County Bar Association, dua-duanya organisasi khusus advokat keturunan Afrika-Amerika.

“Dia (Arnette, red) adalah ikon komunitas kami,” kata Delores Robinson, eks presiden Cook County Bar Association. Delores menyanjung Arnette sebagai sosok yang konsisten memperjuangkan hak-hak sipil dan perempuan.

Delores mengecam tindakan David. Menurut dia, orang yang memiliki hati nurani dan pikiran waras seharusnya turut geram melihat perbuatan David kepada Arnette.

“Bukan hanya karena siapa dia (Arnette Hubbard), tetapi kejadian seperti ini juga bisa terjadi terhadap siapa saja,” ujar Delores.
Tags:

Berita Terkait