Sepuluh Tokoh Hukum Dalam Komik Terkenal
Berita

Sepuluh Tokoh Hukum Dalam Komik Terkenal

Dari pengacara hingga jaksa.

Oleh:
MAR
Bacaan 2 Menit
Foto: www.abajournal.com (Edit: RES)
Foto: www.abajournal.com (Edit: RES)
Di Amerika Serikat, profesi hukum merupakan salah satu profesi yang cukup disegani di kalangan masyarakat. Ini bisa dilihat dari banyaknya film-film terkenal mengambil tema hukum. Namun, tak hanya itu, beberapa komik populer di AS juga kerap menampilkan praktisi hukum sebagai tokohnya.

Nah, American Bar Association (ABA Journal) menyusun 10 tokoh hukum dalam komik, dari pengacara hingga jaksa, yang tidak hanya dikenal hebat “menghajar” penjahat, tetapi juga memiliki kecerdasan yang tinggi dalam menjalani profesinya.

Berikut adalah 10 tokoh hukum versi PERADI-nya Amerika Serikat itu:

#1 Daredevil
MattMurdock bukan sekedar pahlawan bercelana ketat. Pahlawan yang satu ini telah banyak mengalami cobaan sejak kecil. Murdock buta sejak kecil akibat lumpur radioaktif. Ia dibesarkan oleh seorang ayah yang berprofesi petinju. Ayahnya tewas ditembak karena menolak untuk memperbaiki caranya berkelahi.

Meski mengalami banyak cobaan Murdock berhasil lulus dari Columbia Law School dan menjadi pengacara untuk seluruh karakter komik Marvel dari Spider Man hingga Hulk.

Hukumonline.com  

#2 She-Hulk
Berbicaramengenai Hulk! Sepupu asli Hulk, She-Hulk telah mengukir identitas sendiri dalam komik berkat kepribadian yang sopan tapi liar. Ia digambarkan sebagai sosok seorang pengacara wanita. Dalam edisi Solo Avengers, raksasa wanita berwarna hijau ini membuat argumen mengesankan di Mahkamah Agung AS.

Hukumonline.com

#3
Two-Face
Harvey Dentadalah jaksa brilian yang tidak bisa disuap, sebelum akhirnya penjahat melemparkan asam ke wajahnya saat sidang berlangsung (Catatan: kisah dikomik ini berbeda dengan kisahnya di Film The Dark Knight). Meski kejadian itu membuatnya menjadi setengah gila dan berwajah setengah hancur, ia terus hidup di dalam komik dan berjuang dengan kepribadian ganda.

Hukumonline.com

#4 Shadowhawk
Walaupun awalnya komik ini terjual ribuan eksemplar pada saat baru dirilis di 1992, tidak banyak yang mengenal Shadowhawk. Hal itu sangat disayangkan sekali karena karakter Jaksa Paul Johnstone (Shadowhawk) adalah terobosan baru, sebab ini pertama kalinya komik menampilkan karakter yang positif mengidap HIV.

Penciptakarakter ini Jim Valentino menggunakan penyakit tersebut untuk menampilkan sosok pria yang mencoba menegakkan keadilan baik di dalam ruang sidang maupun di jalanan itu, meskipun kesehatannya berangsur-angsur melemah sebagai alur cerita.

Hukumonline.com

#5 The Clock
Sebagai pahlawanbertopeng pertama yang muncul dalam buku komik Amerika, penampilan Brian O'Brien mungkin tidak terlalu mengesankan. Namun, karakternya yang menarik bisa saja membuatnya menempati rangking yang lebih tinggi di daftar ini. Sayangnya, O'Brien meninggalkan profesi pengacara dalam komik ini, karena itulah dia ditempatkan di posisi kelima oleh ABA.

Hukumonline.com

#6 The Two-Gun Kid
Karakter pengacara dalam komik ini bernama MattHawk. Ia merupakan seorang pengacara abad ke-19 dari Boston yang menjelajahi waktu ke masa depan Marvel Universe. Setelah merasa bahwa hukum di abad ke-20 terlalu susah baginya untuk dipahami, Matt memutuskan menjadi pemburu hadiah.

Hukumonline.com

#7 Manhunter
Jaksa Federal,Kate Spencer adalah karakter yang familiar bagi pembaca komik DC dalam beberapa tahun terakhir. Spencer mulai beraksi setelah melihat terlalu banyak penjahat super yang “melecehkan” rule of law. Terutama saat menyaksikan Copperhead meluncur menerobos sistem peradilan, Spencer langsung bergerak menggunakan senjata sitaan untuk membunuhnya. Spencer adalah karakter kedelapan di DC Comics yang diberikan nama "Manhunter."

Hukumonline.com

#8 Mr. District Attorney
Karakterini berasal dari drama radio pada 1939 sebelum mendapat lisensi untuk dijadikan sebuah komik pada 1948. Lalu komik tersebut dirilis menjadi 67 episode sampai tahun 1959. Namun, karena semua halaman depan Mr District Attorney benar-benar konyol, dan karena dia adalah salah satu karakter yang paling tidak disukai dalam komik, pejuang kejahatan ini mendapatkan tempat khusus dalam daftar ini.

Hukumonline.com

#9 Betty Bates
Profesor hukumdan sejarawan komik William Hilyerd mencatat bahwa Betty Bates sebagai pengacara perempuan pertama yang diperkenalkan dalam bentuk komik. Bates memulai debutnya pada 1940 dan menjadi karakter yang populer sampai 10 tahun kemudian.

Hukumonline.com

#10 Gabrielle Haller
Dia mungkin bukan superhero dan namanya tidak menjadi judul komik tersendiri, tetapi Gabrielle Haller memegang tempat khusus di hati para penggemar X-Men. Karena dia tidak hanya melahirkan anak dari hasil cinta rahasia dengan Professor X, tetapi juga menjadi pembela Magneto (salah satu penjahat terbesar dalam komik atau film sepanjang masa). Dengan semangat dan integritas Haller membela Magneto saat diadili atas kejahatan terhadap kemanusiaan, sampai akhirnya sidang terganggu oleh sepasang mutan kembar.

Hukumonline.com

Nah, bagaimana komikus Indonesia, tertarik menampilkan karakter tokoh hukum di komik Anda?



Sumber:
www.abajournal.com

Foto:
www.abajournal.com
Tags:

Berita Terkait