Ini Pesan Rektor Untan Bila Lulusan FH Untan Jadi Pengacara
Berita

Ini Pesan Rektor Untan Bila Lulusan FH Untan Jadi Pengacara

Salah seorang lulusan fakultas hukum memperoleh IPK sempurna 4.00.

Oleh:
ANT
Bacaan 2 Menit
Foto: website.untan.ac.id
Foto: website.untan.ac.id
Rektor Universitas Tanjungpura Prof Dr Thamrin Usman DEA mengharapkan lulusan Fakultas Hukum untuk bisa menegakkan hukum yang tengah timpang di negara ini.

"Saya harapkan setiap lulusan Untan untuk bisa mengabdikan dirinya kepada masyarakat sesuai dengan disiplin ilmunya masing-masing, mulai dari hal yang paling kecil. Contohnya, para lulusan Fakuktas Hukum Untan saya harap agar bisa menegakkan hukum secara benar, saat mengabdikan dirinya ditengah masyarakat," kata Thamrin Usman saat wisuda 872 mahasiswa Untan, di Pontianak, Rabu (6/8).

Dia meminta, jika para lulusan Fakultas Hukum nanti menjadi pengacara atau aparat untuk tidak mempermainkan hukum, apalagi membelokkan hukum yang ada.

"Jika benar, buatlah benar. Jika salah, jangan dibenar-benarkan, apalagi sampai mempermainkan hukum dan saya yakin alumni Fakultas Hukum Untan bisa menegakkan hukum dengan sebenar-benarnya, " tuturnya.

Thamrin menyebutkan, saat ini, moral masyarakat bangsa ini sudah semakin terkikis. Makanya dia mengharapkan agar semua lulusan Untan untuk bisa mempertahankan moralnya saat berbaur dengan masyarakat.

"Terlebih bagi mahasiswa yang lulus dengan IPK tertinggi, kita harapkan bisa mempertahankan predikatnya tersebut saat mengabdikan diri dengan masyarakat," tuturnya.

Thamrin juga mengatakan, setelah di wisuda, para wisudawan dan wisudawati Untan diharapkan bisa menyadari bahwa itu bukan merupakan akhir dari proses pembelajaran.

"Justru sebaliknya, itu merupakan awal dari kehidupan baru, di mana alumni perguruan tinggi diharuskan bisa mengabdikan diri kepada masyarakat berdasarkan hasil dari pembelajaran yang didapatkannya selama di perguruan tinggi,," katanya.

Pada wisuda Untan yang digelar bulan Agustus ini, ada 872 mahasiswa yang diwisuda, yang terbagi atas program D3 Fisip sebanyak 10 orang, program S1 Fakultas Hukum 31 orang, Ekonomi 73 orang, Pertanian 35 orang, Teknik 28 orang, Isip 40 orang, KIP 490 orang, Kehutanan 22 orang, Mipa 28 orang, FK 25 orang dan Profesi Dokter 2 orang.

Sementara itu, Untan juga meluluskan mahasiswa program S2 sebanyak 88 orang yang terdiri atas Magister Manajemen 1 orang, Ilmu Sosial 36 orang, Ilmu Hukum 1 orang, Teknik 3 orang, Ilmu Ekonomi 8 orang, Pendidikan 36 orang dan Agribisnis 3 orang.

Dua orang mahasiswa dengan perolehan IPK tertinggi (4.00) yaitu Erika Yudha Tjokro dari Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Fidalia Jayadinata dari Program Studi Ilmu Hukum, Fakultas Hukum Untan.
Tags:

Berita Terkait