Lawyer, Permudah Pekerjaanmu dengan Aplikasi Ini
Berita

Lawyer, Permudah Pekerjaanmu dengan Aplikasi Ini

Beberapa aplikasi menawarkan produk premium.

Oleh:
CR-18
Bacaan 2 Menit
Foto: RZK (Ilustrasi)
Foto: RZK (Ilustrasi)
Penggunaan smartphone saat ini layaknya kebutuhan primer bagi para pekerja dengan mobilitas tinggi. Begitu pun untuk para lawyer atau pengacara. Melihat peluang ini, sejumlah perusahaan pengembang teknologi informasi mengeluarkan aplikasi-aplikasi yang dapat berguna bagi para lawyer.

Dirangkum dari sebuah artikel pada laman www.abajournal.com, aplikasi yang dapat mempermudah pekerjaan lawyer dapat dibagi menjadi beberapa kategori. Kategori pertama, aplikasi untuk penggunaan file pdf yang di antaranya adalah GoodReader, EzPdf, dan SignMyPad.

Dikembangkan oleh Good.iWare.Ltd, GoodReader memiliki fungsi untuk mengatur file pdf seperti menyatukan serta menyusun halaman pdf dari file yang terpisah, atau sebaliknya, memisahkan halaman pada satu file pdf menjadi beberapa file yang berbeda. GoodReader juga berfungsi menghapus halaman yang tidak dibutuhkan, berbagihalaman pdf dengan orang lain, dan mengimpor file melalui media penyimpanan, cloud storage. Sayangnya aplikasi ini hanya dapat dinikmati oleh pengguna i-Phone OS (iOS).

EzPdf. Aplikasi keluaran Unidocs  Inc. ini disebut-sebut sebagai satu-satunya pdf reader yang mengembangkan “multimedia PDF viewer”. File pdf yang memiliki muatan audio dan video dapat ditampilkan menggunakan EzPdf, tentunya selama format video dan audio tersebut kompatibel pada sistem operasi smartphone yang digunakan.

SignMyPad memiliki fungsi yang berbeda dengan kedua aplikasi di atas. Autriv Inc. merancang aplikasi ini secara khusus untuk dapat memberikan tandatangan elektronik pada file pdf. Jika kita mencari SignMypad ke Google Play atau pun AppStore, akan muncul dua pilihan dengan harga yang berbeda, yaitu SignMyPad (regular) dan SignMyPad Pro. Menjawab para pengguna yang mempertanyakan tentang perbedaan yang ditawarkan dari pilihan tersebut dikaitkan dengan harganya yang terpaut cukup jauh, CEO Autriv Inc. Justin Esgar, mengatakan bahwa pada SignMyPad Pro terdapat geo-tagging. “Geo-tagging is pretty much for those who NEED that legal backup”, sebut Justin.

Kategori kedua, aplikasi untuk mengatur jadwal yang dapat memberikan notifikasi pengingat sebelum waktu kegiatan tersebut. Salah satu aplikasi itu, Reminder yang merupakan aplikasi bawaan pada iOS. Bagi pengguna android, aplikasi serupa yang yang mungkin dapat membantu adalah Any.DO Task & To-do List keluaran Any.DO.

Kategori ketiga, bagi para lawyer yang sering berada di luar meja kerja, membawa laptop atau notebook untuk mengetik beragam dokumen hukum tentunya akan cukup merepotkan. Untuk mengatasi masalah ini, DataViz, Inc. menawarkan aplikasi Documents To Go. Aplikasi ini memiliki fitur-fitur serupa dengan Microsoft Office, termasuk penulisan footnote. Dataviz mengembangkan aplikasi ini dan memberikan pilihan premium yang dapat menyimpan dan mensinkronisasi file langsung dari smartphone ke desktop/laptop menggunakan Wi-Fi ataupun cloud service (tempat penyimpanan maya).

Kategori keempat, beberapa aplikasi yang telah dipaparkan di atas membutuhkan tempat penyimpanan berkas (file), salah satunya yang praktis adalah cloud service. Baik pengguna Android maupun iOS, bisa memanfaatkan aplikasi Dropbox. Sesuai dengan deskripsi yang diberikan oleh pengembangnya, Dropbox memudahkan kamu membawa file kemana pun sehingga dapat diakses dan dibagi dengan mudah.

Aplikasi lain yang dapat mempermudah kamu mengakses berkas di desktop/laptop maupun di smartphone adalah LogMeIn. Kelebihan LogMeIn dirancang untuk mengontrol komputer pribadi (PC) dari jarak jauh. Dengan menggunakan LogMeIn, kamu bisa menjalankan aplikasi di komputer pribadi melalui smartphone.

Kategori kelima, aplikasi yang mempermudah pencarian informasi dan data serta riset dalam rangka pembuatan uji tuntas atau due diligence. Salah satu aplikasi itu WestLawNext yang diluncurkan oleh Thomson Reuters. Menariknya, WestLawNext diperuntukkan tidak hanya bagi kalangan lawyer, tetapi juga kalangan mahasiswa.

Kategori enam, aplikasi yang akan sangat mempermudah lawyer ketika beracara di pengadilan. Salah satu aplikasi itu, Depose. Stewart Boling mengembangkan aplikasi ini  untuk memenuhi kebutuhan para lawyer dalam menyusun dan membaca kembali daftar pertanyaan yang akan diajukan kepada saksi, ahli, terdakwa/klien. Dengan Depose, pengguna juga dapat mengubah dan menyusun kembali pertanyaan dengan menambahkan keterangan pada pertanyaan-pertanyaan yang lebih spesifik.
Tags:

Berita Terkait