“Ngonthel Nang Kampus” Ala Dosen FH UNAIR
Berita

“Ngonthel Nang Kampus” Ala Dosen FH UNAIR

Hari Jumat sebagai hari bersepeda di FH UNAIR.

Oleh:
CR-18
Bacaan 2 Menit
Foto: www.fh.unair.ac.id
Foto: www.fh.unair.ac.id

Sejumlah Dosen Fakultas Hukum Universitas Airlangga (FH UNAIR) mendeklarasikan gerakan “ngonthel nang kampus” alias bersepeda ke kampus sebagai upaya mendukung program eco-campus FH UNAIR.

Lima dosen yang mendeklarasikan gerakan ini adalah Iman Prihandono, Dian Purnama Anugrah, Brahma Astagiri, Sapta Aprilianto, dan Indriani Masitoh. Bila pada dua tahun lalu, FH UNAIR menerapkan eco-campus yang berfokus pada penghematan penggunaan air dan listrik, mulai tahun ini diharapkan warga FH UNAIR, baik dosen, karyawan, maupun mahasiswa aware terhadap lingkungan dengan mulai menggunakan sepeda ke kampus.

Program bersepeda ke kampus ini diperkenalkan kepada civitas FH UNAIR pertama kalinya pada momen ulang tahun pendidikan tinggi hukum beberapa waktu lalu.

Dihubungi hukumonline.com, Manajer Humas “Ngonthel Nang Kampus” Indriani Masitoh mengatakan program ini awalnya diinisiasi oleh tim deklarator karena ada keprihatinan dengan terbatasnya lahan parkir di Kampus B UNAIR (kampus fakultas hukum). “Awalnya itu berangkatnya kami itu prihatin. Sebenarnya prihatin ada lahan parkir yang sudah tidak mumpuni,” ujar Indri melalui sambungan telepon, Senin (10/11).

Apalagi, lanjut Indri, para deklarator merupakan pegiat bike to work. “Jadi awalnya sebelum kami deklarasi bikin ide di kampus seperti itu, sebenarnya kami giat aja sepedaan. Jadi tiap Minggu kami ke mana. Keluar kota biasanya. Atau biasanya keliling Surabaya aja. terus akhirnya ada ide seperti itu, ya sudah kami deklarasikan. Kebetulan itu memang momennya pas gitu. Ada peringatan pendidikan hukum, jadi kenapa tidak?” ujar dosen Hukum Internasional ini.

Indri menjelaskan program rutin “Ngonthel Nang Kampus” dimulai dengan pengenalan penggunaan sepeda sebagai alat transportasi ke kampus setiap hari Jumat. Para deklarator “mengkampanyekan” bahwa hari Jumat merupakan hari bersepeda ke kampus.  Selain itu, rencana yang sudah dirancang oleh tim deklarator untuk waktu ke depan adalah mengikuti event-event bersepeda yang cukup terkenal di Surabaya untuk membiasakan bersepeda sebagai gaya hidup warga FH UNAIR.

Misalnya, dalam waktu dekat, Indri berharap massa “Ngonthel Nang Kampus” dapat berpartisipasi dalam “Sepeda Juang” dengan rute Mojokerto-Surabaya yang dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Pahlawan pada 22 Oktober mendatang.

Tags:

Berita Terkait