KPK Siap Telusuri Harta Calon Kapolri
Aktual

KPK Siap Telusuri Harta Calon Kapolri

Oleh:
ANT
Bacaan 2 Menit
KPK Siap Telusuri Harta Calon Kapolri
Hukumonline
Komisi Pemberantasan Korupsi menyatakan kesediaannya menelusuri harta kekayaan calon Kapolri sebagai upaya untuk mendapatkan pemimpin yang bersih dari korupsi.

"Jika KPK diberi waktu yang leluasa maka profiling KPK bisa membantu untuk klarifikasi," kata Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Bambang Widjojanto melalui pesan singkat di Jakarta, Jumat.

Bambang mengakui bahwa KPK sedang beberapa kali melakukan kajian dan gelar perkara mengenai rekening gendut.

"Apa saja rekening gendutnya belum bisa disampaikan kepada publik tapi ada beberapa yang sedang dikaji, ada beberapa yang dipresentasikan untuk mendapatkan dua alat bukti," kata Bambang menambahkan.

Setidaknya ada tiga hal yang dapat dilakukan oleh KPK pertama adalah apakah calon Kapolri itu taat pada pelaporan asetnya atau pelaksanaan kewajiban lainnya.

"Kedua apakah aset yang ada sesuai dengan profil penghasilannya dan ketiga apakah ada indikasi soal rekening gendut dan sejauh mana proses penanganannya," kata Bambang mengungkapkan.

Koalisi Masyarakat Sipil sendiri meminta agar pemilihan Kapolri sebaiknya tidak didasarkan pada politik dagang sapi atau politik balas budi.

"Penunjukan Kapolri harus didasari pada aspek kepemimpinan, integritas, rekam jejak, kapasitas, dan komitmen yang kuat dalam mendorong agenda reformasi dan antikorupsi. Sebaiknya Jokowi juga tidak memilih figur Kapolri hanya karena dia dianggap berjasa terhadap dirinya selama masa Pilpres maupun titipan partai tertentu," kata anggota Koalisi Masyarakat Sipil Agus Sunaryanto dalam pernyataan tertulis.
Tags: