Ini Daftar Universitas Negeri yang Selenggarakan Magister Kenotariatan
Berita

Ini Daftar Universitas Negeri yang Selenggarakan Magister Kenotariatan

Program kenotariatan UGM dimulai sejak 1949, tetapi statusnya sebagai salah satu jurusan di fakultas hukum.

Oleh:
CR-18
Bacaan 2 Menit
Magister Notariat Universitas Diponegoro, Semarang. Foto: plus.google.com
Magister Notariat Universitas Diponegoro, Semarang. Foto: plus.google.com
Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi pada Kementerian Riset, Teknologi dan Perguruan Tinggi melontarkan wacana menarik di penghujung tahun 2014. Rencananya, pendidikan kenotariatan akan dikembalikan menjadi pendidikan profesi, bukan program pasca sarjana seperti yang selama ini berlaku.

Wacana ini jika direalisasikan tentunya akan ‘mengancam’ keberadaan program magister kenotariatan yang diselenggarakan sejumlah universitas, baik itu negeri maupun swasta. Berikut ini daftar universitas negeri yang berdasarkan penelusuran hukumonline, diketahui memiliki program kenotariatan:

1.    Universitas Sumatera Utara (USU)
Berdasarkan informasi yang diterima hukumonline dari Dekan Fakultas Hukum USU, Prof Runtung Sitepu, USU merupakan satu dari enam universitas negeri pertama yang mengadakan program magister kenotariatan. Lima universitas lainnya adalah Universitas Indonesia, Universitas Padjajaran, Universitas Airlangga, Universitas Gadjah Mada, dan Universitas Diponegoro.

2.    Universitas Andalas (Unand)
2011 adalah tahun pertama Unand mengadakan Program Magister Kenotariatan secara mandiri. Sebelumnya, berdasarkan artikel yang dilansir dalam notariat.hukum.ugm.ac.id, Unand menyelenggarakan Program Magister Kenotariatan bekerja sama dengan Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Hassanudin (Unhas), dan Universitas Lambung Mangkurat.

3.    Universitas Jambi
Program Magister Kenotariatan Universitas Jambi dibentuk berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 13/E/O/2013 tanggal 15 Januari 2013.

4.    Universitas Indonesia (UI)
Program Magister Kenotariatan UI membuka pendaftaran untuk mahasiswa baru setiap semesternya. Lokasi perkuliahan program ini dibagi menjadi dua. Perkuliahan yang dimulai pada semester ganjil, lokasinya di Depok. Sementara, perkuliahan yang dimulai pada semester genap, lokasinya di Salemba.

5.    Universitas Diponegoro (Undip)
Di Undip, Program Magister Kenotariatan merupakan jenjang pendidikan yang mulanya bersatatus Program Pendidikan Spesialis (SP.1). Program ini diselenggarakan sejak tahun 1981 berdasarkan Keputusan Dekan FH Undip Nomor 21/PT09.1/1981 dan Keputusan Dirjen Dikti Nomor 12/Dikti/Kep/1984. Kemudian, berdasarkan SK Dirjen Dikti Nomor 81/Dikti/Kep/2000 tanggal 7 April 2000, Program Pendidikan Spesialis Notariat diubah menjadi Program Magister Kenotariatan pada Program Studi Magister Kenotariatan Undip.

6.    Universitas Gadjah Mada (UGM)
Sejarah pendidikan kenotariatan di UGM sudah berlangsung sejak tahun 1949. Kala itu, kenotariatan menjadi salah satu jurusan pada fakultas hukum. Lalu, sejak April 1962, jurusan kenotariatan dihentikan karena langkanya tenaga pengajar. Setelah vakum selama 9 tahun, pada 19 Desember 1971, jurusan kenotariatan diaktifkan kembali di FH UGM.

Program Magister Kenotariatan di UGM diadakan sejak tahun ajaran 2000/2001. Dasar pembentukannya adalah Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor 80/DIKTI/Kep/2000 tentang Perubahan Status Program Pendidikan Spesialis Notariat menjadi Program Studi Magister Kenotariatan pada UGM.

7.    Universitas Airlangga (Unair)
Berbeda dengan program kenotariatan di lain universitas, Unair memiliki kelas khusus yang memungkinkan kandidat notaris atau peserta spesialis notariat sebelumnya untuk mengambil gelar master dalam waktu dua sampai tiga semester.

8.    Universitas Brawijaya (Unbraw)
Tahun 2006, FH Unbraw untuk pertama kalinya menambahkan bidang kekhususan notariat ke dalam program S-2. Selanjutnya pada 15 Mei 2008, berdasarkan Keputusan Dikti Nomor 16/D/T/2008, program master yang memiliki kekhususan di bidang notariat berubah menjadi program magister kenotariatan.

9.    Universitas Udayana
Program Magister Kenotariatan Universitas Udayana berdiri pada 2010. Program ini resmi diselenggarakan sejak keluarnya Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 41/DO/2010 tentang Pemberian IzinPenyelenggaraan Program Studi Kenotariatan pada Universitas Udayana.

10.Universitas Hasanudin (Unhas)
Serupa dengan Universitas Andalas, Program Magister Kenotariatan Unhas dimulai dengan kerjasama Program Magister Kenotariatan UGM. Program Magister Kenotariatan Unhas baru resmi berdiri sendiri pada tahun ajaran 2008/2009

Di luar 10 universitas di atas, terdapat beberapa universitas negeri lain seperti Universitas Mataram, Universitas Sriwijaya, Universitas Padjajaran, Universitas Sebelas Maret, dan Universitas Negeri Jember yang juga memiliki program kenotariatan.
Tags:

Berita Terkait