Pasar Bebas Asean Dinilai Merugikan Indonesia
Aktual

Pasar Bebas Asean Dinilai Merugikan Indonesia

Oleh:
RFQ
Bacaan 2 Menit
Pasar Bebas Asean Dinilai Merugikan Indonesia
Hukumonline
Wakil Ketua MPR Oesman Sapta Odang mengatakan memasuki Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) Indonesia mesti bersiap dengan berbagai keterampilan. Namun dengan berbagai kelebihan negara Asean lainnya, Indonesia cenderung tertinggal. Makanya era pasar bebas  dinilai Oesman bakal merugikan Indonesia. 
“MEA itu tidak menguntungkan Indonesia, karena dengan penduduk 250 jutaan , maka Indonesia akan menjadi pasar potensial mereka,” ujarnya dalam sebuah diskusi di Gedung MPR, Senin (2/1).

Selain itu, masyarakat Indonesia hanya akan menjadi konsumtif pengguna barang hasil negara Asean seperti Filipina, Thailand, Malaysia dan Singapur. Sebaliknya, Indonesia tak dapat berbuat banyak mengekspor produknya ke negara Asean lainnya. Menurutnya, Indonesia memiliki rakyat terbilang banyak dibanding dengan negara Asean lainnya.

Itu sebabnya, Indonesia bakal menjadi pasar yang potensial bagi negara-negara Asean. “Sebaliknya kita tidak bisa mengekspor apa-apa. Bayangkan kalau nanti mal dan mini market masuk kampung-kampung, rakyat kerja apa,” pungkas pria berkacamata yang juga menjadi anggota DPD itu.
Tags: