Ini Saran Eks Komisioner KPK Hong Kong untuk Konflik KPK-Polri
Berita

Ini Saran Eks Komisioner KPK Hong Kong untuk Konflik KPK-Polri

ICAC juga pernah menghadapi konflik serupa dengan Kepolisian Hongkong.

Oleh:
NOV
Bacaan 2 Menit
Mantan Deputi Komisioner dan Kepala Operasi ICAC, Tony Kwok. Foto: RES.
Mantan Deputi Komisioner dan Kepala Operasi ICAC, Tony Kwok. Foto: RES.

Mantan Komisioner Independent Commission Against Corruption (ICAC) Hong Kong Tony Kwok urun bicara soal permasalahan yang dihadapi para pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Indonesia. Ia menyatakan lembaga pemberantasan korupsi akan sukses jika mendapat dukungan politik dari pemerintah, DPR, dan masyarakat.

"Saran saya untuk KPK saat ini, apabila KPK bisa mendapatkan dukungan nyata dari masyarakat dan Presiden, maka hal ini tidak akan menjadi masalah," katanya dalam acara diskusi bertajuk "Film sebagai Bagian dari Gerakan Antikorupsi" di Pusat Perfilman H Umar Ismail, Jakarta, Rabu (11/2).

Tony menjelaskan, ketika membahas lembaga antikorupsi di dunia, banyak lembaga antikorupsi yang tidak berjalan dengan baik. Namun, dari lembaga-lembaga antikorupsi tersebut, menurutnya, lembaga antikorupsi Singapura, Hong Kong, dan Indonesia merupakan yang terbaik di Asia.

Ia menganggap KPK mampu menunjukan independensi dan profesionalitasnya. KPK juga tidak khawatir ketika menangani kasus-kasus yang sifatnya sensitif. "Saya mengatakan hal itu bukan karena saya sedang berada di Indonesia, tetapi saya mengatakan hal yang sama di berbagai kesempatan," ujarnya.

Selain itu, Tony mengatakan konflik yang terjadi antara lembaga antikorupsi dan Kepolisian merupakan hal biasa. Dahulu, ICAC juga pernah mengalami konflik serupa dengan Kepolisian setempat. Bahkan, saking krisisnya hubungan ICAC dan Kepolisian, sempat terjadi upaya pembakaran terhadap gedung ICAC.

Namun, seiring waktu hubungan ICAC dan Kepolisian kembali membaik. Malahan hubungan antara ICAC dan Kepolisian kian harmonis. Tony mengaku krisis itu menciptakan sinergitas yang baik, serta memperbaiki integritas Kepolisian dalam upaya pemberantasan korupsi di Hong Kong.

Ia melanjutkan, justru setelah krisis antara ICAC dan Kepolisian selesai, Kepolisian Hong Kong yang sebelumnya menjadi institusi terkorup berubah menjadi institusi terbersih. Tidak tanggung-tanggung, Kepolisian Hong Kong disebut-sebut sebagai Kepolisian terbersih di Asia.

Tags:

Berita Terkait