Rabu, 29 April 2015

Kontras Dorong Pemerintah Brazil Gugat Indonesia

ANT
Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (Kontras) mendorong pemerintah Brazil untuk menggugat pemerintah Indonesia ke mahkamah tingkat internasional atas eksekusi yang dilakukan terhadap Rodrigo Gularte.

"Kami mendorong Pemerintah Brazil agar dapat menempuh jalur International Court of Justice (ICJ) karena kecacatan hukum yang luar biasa yang terdapat dalam kasus ini sangatlah penting untuk diperkarakan pada level state to state di ICJ," kata Koordinator Badan Pekerja Kontras Haris Azhar dalam siaran pers pernyataan sikap Kontras atas eksekusi mati gelombang II terhadap Rodrigo Gularte di Jakarta, Rabu.

Pernyataan sikap tersebut juga menyebutkan Kontras akan mendukung penuh seluruh proses hukum yang ditempuh oleh Rodrigo Gularte, baik sekarang ataupun nanti.

Kontras menyesalkan karena sidang permohonan pengapuan kasus Rodrigo Gularte akan dilakukan pada tanggal 6 Mei 2015.

"Dengan kenyataan bahwa eksekusi mati ini tetap dilakukan semalam, telah terjadi pelanggaran hukum yang sangat luar biasa yang dilakukan oleh Indonesia," katanya.

Selain Permohonan Pengampuan, lanjutnya, Tim Kuasa Hukum Rodrigo Gularte juga telah mendaftarkan dan diterima oleh PTUN Cilacap terkait dengan upaya hukum gugatan atas keputusan penolakan grasi oleh Presiden RI.

Atas segala upaya hukum yang telah ditempuh oleh Tim Kuasa Hukum Rodrigo Gularte tersebut, ia mengemukakan bahwa hal tersebut telah disampaikan dan diterima oleh pihak Kejaksaan Agung untuk kemudian dimintakan pertimbangannya.

"Terimakasih yang sebesar-besarnya kami ucapkan atas dukungan seluruh Masyarakat Brazil atas dukungan morilnya kepada Rodrigo Gularte selama ini. Salam hangat dari seluruh Badan Pekerja Kontras," sebut Haris Azhar dalam pernyataan tersebut.

Sebelumnya, Kejaksaan Agung memastikan Rabu (29/4) dini hari telah mengeksekusi sembilan terpidana mati untuk gelombang II setelah sebelumnya terkendala akibat adanya sejumlah upaya hukum.

"Lewat tengah malam ini telah dieksekusi," kata Jaksa Agung RI HM Prasetyo.

Jaksa Agung menegaskan pelaksanaan eksekusi mati itu dilaksanakan sesuai standar operasi.
Belum ada tanggapan
Captcha belum diisi / expired / tidak valid.

NAMA
EMAIL
JUDUL
TANGGAPAN

Seluruh judul dan isi tanggapan adalah tanggung jawab masing-masing penulis tanggapan. Redaksi hukumonline berhak untuk menayangkan atau tidak menayangkan tanggapan dengan mempertimbangkan kepatutan serta norma-norma yang berlaku.

[ X ]

Notifikasi Adblocker

Kami memasang iklan pada konten yang Anda ingin jelajahi.
Iklan membantu kami untuk dapat memberikan konten hukum secara gratis.

Bantu kami untuk tetap menjadikan hukum untuk semua dengan cara menonaktifkan Adblock pada browser Anda. Pahami lebih lanjut mengenai ketentuannya disini.

Selain itu, Anda juga dapat berlangganan layanan premium dari hukumonline.com. klik disini

Terima kasih atas dukungan yang Anda berikan.

[ X ]

Ketentuan Adblocker


Bagaimana menonaktifkan Adblocker pada laman hukumonline.com?

Adblock / Adblock Plus
  • Klik logo Adblock/Adblock Plus, yang berada disebelah kanan address bar.
  • Pada Adblock, klik "Don't run on pages on this domain".
  • Pada Adblock Plus klik "Enabled on this site" untuk menonaktifkan Adblocking pada laman hukumonline.com. Apabila Anda menggunakan Firefox, klik "disable on hukumonline.com".
Firefox Tracking Protection

Apabila Anda menggunakan Private Browsing dalam Firefox, "Tracking Protection" akan muncul pemberitahuan Adblock. Anda dapat menonaktifkan dengan klik “shield icon” pada address bar Anda.

Ghostery
  • Klik pada icon Ghostery.
  • Apabila Anda menggunakan versi sebelum 6.0 klik "whitelist site".
  • Dalam versi 6.0 klik "trust site" atau tambahkan hukumonline.com pada Trusted Site list Anda.
  • Dalam versi sebelum 6.0 Anda akan melihat pesan "Site is whitelisted". Klik "reload the page to see your changes".
uBlock
  • Klik ikon uBlock.
  • Lalu klik tombol besar untuk melakukan whitelist pada laman yang sedang Anda jelajahi, dan ketika Anda membuka laman ini kembali secara otomatis akan terekam perintah yang Anda lakukan.
  • Lalu lakukan reload pada laman yang Anda jelajahi.

Terima kasih atas dukungan Anda untuk membantu kami menjadikan hukum untuk semua