Ini 12 Penghargaan Yang Diberikan Menkumham Kepada Pelaku Industri Kreatif
Berita

Ini 12 Penghargaan Yang Diberikan Menkumham Kepada Pelaku Industri Kreatif

Dari Ebiet G Ade hingga Ike Nurjanah.

Oleh:
RIA
Bacaan 2 Menit
Kantor Ditjen HKI. Foto: RES.
Kantor Ditjen HKI. Foto: RES.

Hari Kekayaan Intelektual sedunia yang diperingati setiap tanggal 26 April, turut dirayakan Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual (HKI) Kementerian Hukum HAM  Republik Indonesia. Di tahun ke-15 ini, Ditjen HKI menggelar perayaan di Graha Pengayoman, Gedung Sekretariat Jenderal Kemenkumham, pada Kamis 7 Mei 2015.

Seperti dalam perayaan di tahun sebelumnya, kali ini Ditjen HKI kembali memberikan Anugerah Kekayaan Intelektual kepada manusia-manusia kreatif yang dinilai memiliki kontribusi nyata di dunia HKI.

Diberikan langsung oleh Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly, ini dia para penerima penghargaan tersebut:

1.    Kategori Grup Band

Kategori ini diberikan oleh Ditjen HKI kepada Wali Band. Wali dinilai sebagai grup band yang konsisten berada di jalaur pop kreatif dengan sentuhan musik melayunya dan selalu berisi tentang pesan-pesan moral bagi para pendengarnya.

2.    Kategori Musisi Peduli HKI

Penghargaan Musisi Peduli HKI disabet oleh Ebiet G. Ade. Selama ini, menurut Ditjen HKI, Ebiet telah membuktikan dirinya sebagai salah satu maestro musik tanah air yang masih terus berkarya. Ebiet juga dikenal sebagai musisi yang memiliki kepedulian terhadap hak-hak pencipta lagu, sehingga dirinya terpilih menjadi salah satu komisioner Lembaga Manajemen Kolektif Nasional.

3.    Kategori Musisi Dangdut

Diberikan kepada Ike Nurjanah. Ike Nurjanah disebut sebagai musisi dangdut wanita yang konsisten dalam berkarya dengan tetap mempertahankan fitrah musik dangdut yang berakar dari budaya melayu.

4.    Kategori Sutradara

Anugerah Kekayaan Intelektual Kategori Sutradara diraih oleh Mira Lesmana. Selain sutradara, Mira juga paket lengkap yang dikenal sebagai produser yang berkontribusi mengangkat perfilman di tanah air dengan memproduksi karya-karya film berkualitas.

Tags:

Berita Terkait