Ketua BANI Priyatna Abdurrasyid Tutup Usia
Aktual

Ketua BANI Priyatna Abdurrasyid Tutup Usia

Oleh:
RED
Bacaan 2 Menit
Ketua BANI Priyatna Abdurrasyid Tutup Usia
Hukumonline

Kabar duka kembali menyelimuti dunia hukum Indonesia. Pakar Hukum Udara dan Angkasa, Priyatna Abdurrasyid telah meninggal dunia. Informasi yang diterima hukumonline mengabarkan Ketua Badan Arbitrase Nasional Indonesia ini wafat pada Jumat (22/5), sekira pukul 05.00 WIB.

Dikutip dari www.iluni.net, sosok almarhum Priyatna Abdurrasyid memiliki rekam jejak karier yang cukup panjang. Beliau tercatat sempat menduduki kursi Wakil Jaksa Agung tetapi kemudian mengundurkan diri setelah upayanya membongkar kasus korupsi Pertamina gagal. Presiden kala itu, (alm) Soeharto menginstruksikan agar penyidikan dan penyelidikan dihentikan.

Sebelum menjadi jaksa, Priyatna yang lahir di Bandung, 5 Desember 1929 sempat merintis karier sebagai Tentara Angkatan Darat pada tahun 1945. Petualangannya di dunia hukum dimulai ketika berhasil menyandang gelar Sarjana Hukum dari Fakultas Hukum UI pada tahun 1955.

Sempat memperdalam ilmu di bidang kemiliteran di George Washington University, Washington DC, USA (1957), Priyatna kemudian tertarik memperdalam ilmu di bidang hukum luar angkasa dengan kuliah di Institute of Air and Space Law, McGill University, Montreal, Kanada dan lulus tahun 1959.

Berkat penguasaan ilmu hukum luar angkasa, pada 1973 Priyatna ditetapkan menjadi Direktur International Institute of Space Law (IISL) dan menjadi orang Asia pertama yang menduduki jabatan tersebut.

Tags: