Ini News Anchor Bergelar Sarjana Hukum
Berita

Ini News Anchor Bergelar Sarjana Hukum

Memiliki background hukum menjadi keuntungan tersendiri bagi pembawa berita.

Oleh:
RIA
Bacaan 2 Menit
Najwa Shihab, salah seorang news anchor yang bergelar sarjana hukum. Foto: RES.
Najwa Shihab, salah seorang news anchor yang bergelar sarjana hukum. Foto: RES.

Menjadi sarjana hukum bukan berarti melulu harus berakhir dengan profesi populer seperti lawyer. Selain banyaknya lapangan pekerjaan lain yang memang dikhususkan bagi lulusan fakultas hukum, ada profesi alternatif lain yang juga bisa diisi posisinya oleh para sarjana hukum.

Kalau selama ini kita menyaksikan lawyer, jaksa, atau hakim yang ramai diberitakan oleh media di televisi, ternyata ada sarjana hukum lain yang tak kalah sering tampil di hadapan kita, yaitu news anchor atau juga akrab di telinga kita sebagai pembawa berita.

Hukumonline berhasil menghimpun beberapa nama pembawa berita yang berkiprah di stasiun tv nasional yang mengenyam pendidikan ilmu hukum saat masa perkuliahannya. Salah satunya adalah Fessy Alwi.

Dihubungi melalui sambungan telepon, Fessy yang sudah memulai kariernya sebagai penyiar di TVRI Surabaya sejak masih mahasiswa, bercerita awal mula dirinya memutuskan terjun ke stasiun TV nasional sebagai wartawan begitu lulus dari FH Universitas Airlangga.

Masih dalam euforia era reformasi, Fessy begitu antusias dengan semangat kebebasan pers yang masih membara kala itu.

“Karena panggilan hati juga ya. Wartawan itu kan orang yang bisa mengabarkan pertama kali sebuah kejadian, bisa memberitakan kepada orang lain, itu saya pikir menjadi fungsi sosial kita sebagai manusia,” imbuhnya.

Fessymulai duduk di belakang meja anchor pada Januari 2003.Perempuan yang pernah berkarier di RCTI, ANTV, dan terakhir Metro TV bahkan sudah mengenyam berbagai peran; mulai dari reporter hingga produser. Pengalaman meliput daerah konflik dan menjadi wartawan istana pun pernah dilakoni istri politisi Partai Nasional Demokrat Taufik Basari ini.

Halaman Selanjutnya:
Tags:

Berita Terkait