Refly Harun: Panitera MK Harus Terjamin Integritasnya
Aktual

Refly Harun: Panitera MK Harus Terjamin Integritasnya

Oleh:
ANT
Bacaan 2 Menit
Refly Harun: Panitera MK Harus Terjamin Integritasnya
Hukumonline
Pakar hukum tata negara Refly Harun mengatakan integritas panitera dan seluruh staf di Mahkamah Konstitusi (MK) harus terjamin terkait dengan persiapan gugatan hasil pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak 9 Desember 2015.

"Tidak hanya hakim-hakim MK saja, tapi seluruh panitera dan staf di MK juga harus terjaga dan terjamin integritasnya," ujar Refly ketika dihubungi di Jakarta, Jumat.

Refly menambahkan dirinya yakin para Hakim Konstitusi bisa mengeluarkan putusan berkualitas dan dapat dipertanggungjawabkan integritasnya.

"Artinya ya putusan inilah yang terpenting, jangan sampai hakim- hakim itu mendapat intervensi dari pihak-pihak tertentu, dan saya yakin mereka berintegritas tinggi," kata Refly.

Namun terkait dengan intervensi atas putusan MK terhadap sengketa hasil pilkada serentak nanti, Refly juga berharap baik panitera dan para staf MK memiliki integritas yang sama baiknya dengan para hakim konstitusi.

Dia menyebutkan dari sekian ratus gugatan sengketa pilkada, para hakim konstitusi belum tentu mengingat persis detail kasusnya, sehingga dibutuhkan staf dan panitera untuk membantu menyelesaikan kasus-kasus sengketa Pilkada serentak nanti.

"Maka integritas MK secara keseluruhan harus terjaga dan terjamin di sini, tidak hanya hakim-hakimnya saja. Putusan harus berkualitas meskipun ada pro dan kontra itu biasa, yang penting jangan sampai ada intervensi mafia peradilan," pungkas Refly.
Tags: