Berita

Mau Lulus dengan Predikat Cum Laude? Coba Tips Ini

Mulai dari kenali pola belajar, pahami karakter dosen, hingga rajin mengikuti diskusi dan bergaul.
Oleh:
CR19
Bacaan 2 Menit
Lulusan FH UPN Veteran Jakarta angkatan 2011, Erista Kurnia Putri di Jakarta, Selasa (8/9). Foto: CR19.
Lulusan FH UPN Veteran Jakarta angkatan 2011, Erista Kurnia Putri di Jakarta, Selasa (8/9). Foto: CR19.

Lulus dengan predikat dengan kehormatan atau cum laude menjadi impian tersendiri bagi tiap mahasiswa. Namun, untuk mencapai itu tidaklah mudah. Apalagi, bagi mahasiswa yang mengemban ilmu di Fakultas Hukum (FH). Belajar di FH memiliki karakteristik berbeda yang menjadi tantangan tersendiri bagi mahasiswa untuk meraih cum laude.

Salah satu modal besar agar predikat cum laude bisa tercapai adalah memiliki ketekunan dan keseriusan selama belajar. Modal apalagi yang menjadi dasar bagi para mahasiswa agar predikat cum laude itu bisa tercapai? Berikut sejumlah tips agar mahasiswa bisa memperoleh predikat cum laude di FH yang berhasil dihimpun hukumonline.

1.    Kenali Pola Belajar
Setiap mahasiswa memiliki pola atau cara belajarnya masing-masing. Dalam menghadapi ujian, ada mahasiswa yang sudah dari jauh-jauh hari mempersiapkan diri dengan belajar. Tapi banyak juga mahasiswa menggunakan sistem ‘SKS’ atau sistem kebut semalam. Bagi lulusan FH UI angkatan 2010, Nadia Sekarsari Atmaji, penting bagi mahasiswa untuk tahu pola belajar mana yang terbaik yang bisa dilakukan.

Agak unik, Nadia mengaku kalau pola belajar terbaiknya adalah dengan cara membuat mind map. Kata Nadia, pola belajar mind map intinya dengan memetakan permasalahan hukum dalam satu halaman. Metode itu, tidak langsung ditemukan oleh Nadia. Sebelum menerapkan pola mind map, banyak cara lain yang pernah dicoba Nadia.

“Jadi aku tuh mencoba berbagai metode sejak awal. Aku pernah belajar bareng, pernah bikin rangkuman setiap selesai kuliah, intinya segala jenislah dicoba. Akhirnya ketemu yang paling pas buat aku, ya visual (dengan membuat mind map,- red),” ujar Nadia saat dihubungi hukumonline melalui sambungan telepon, Selasa (8/9).

Cara lain dilakukan oleh Erista Kurnia Putri. Lulusan FH UPN Veteran Jakarta angkatan 2011 ini mengaku, usai mendapat materi dari dosen di kampus, dirinya menulis ulang catatan kuliah dengan lebih rapih lagi. Cara ini, Erista berkeyakinan bahwa bisa menjadi pola terbaik dalam belajar.

“Nah itu otomatis kita ngulang pelajaran, jadi keinget kan apa yang dipelajari sebelumnya,” katanya kepada hukumonline.

Halaman Selanjutnya:
Berita Terkait