Korupsi Layanan Publik Jadi Kendala Investasi
Berita

Korupsi Layanan Publik Jadi Kendala Investasi

Pemerintahan Jokowi-JK diminta melakukan pembenahan sistem secara menyeluruh sehingga praktik korupsi bisa dipangkas dan investasi serta pertumbuhan ekonomi dapat meningkat.

Oleh:
ANT
Bacaan 2 Menit
Transparency International Indonesia (TII). Foto: SGP
Transparency International Indonesia (TII). Foto: SGP

Sekretaris Jenderal Transparency International Indonesia (TII) Dadang Trisasongko mengatakan praktik korupsi pada layanan publik akan terus menjadi kendala serius bagi peningkatan investasi dan pertumbuhan ekonomi. Atas dasar itu, pihaknya meminta pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) dan Jusuf Kalla (JK) untuk membenahi sistem secara menyeluruh.

"TII sudah lama berupaya mengingatkan pemerintah bahwa ada masalah korupsi pada layanan publik, khususnya di bidang perizinan usaha dan logistik," kata Dadang saat dihubungi di Jakarta, Selasa (20/10).

Dadang mengatakan masalah korupsi layanan publik itu bukan hanya terjadi di pusat, tetapi juga di daerah. Berdasarkan indeks persepsi korupsi di 11 kota yang baru saja diluncurkan TII, terlihat bahwa sistem perizinan usaha di daerah masih menjadi persoalan serius.

"Pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla harus melakukan pembenahan sistem secara menyeluruh agar praktik korupsi bisa dipangkas sehingga investasi dan pertumbuhan ekonomi bisa meningkat," tuturnya.

Karena itu, Dadang mengatakan pemulihan kredibilitas penegakan hukum masih akan menjadi tantangan bagi pemerintahan Jokowi-JK pada tahun kedua pemerintahannya.Apalagi, kredibilitas penegakan hukum sempat rusak akibat kriminalisasi terhadap para pimpinan dan pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) serta para pegiat antikorupsi.

"Presiden Jokowi harus bisa memerintahkan kepolisian dan kejaksaan untuk menghentikan praktik kriminalisasi ini," ujarnya.

Pada hari ini, pemerintahan Jokowi-JK genap berusia satu tahun. Selama satu tahun memerintah, dinilai masih banyak masalah yang belum terselesaikan sebagaimana janji kampanye yang tercantum dalam Nawa Cita.

Tags:

Berita Terkait