Ini Tantangan dan Kiat Sekolah Notaris
Rechtschool

Ini Tantangan dan Kiat Sekolah Notaris

Mulai dari tulisan tangan yang harus bagus sampai update undang-undang terbaru.

Oleh:
HAG
Bacaan 2 Menit
Ilustrasi: BAS
Ilustrasi: BAS
Profesi notaris merupakan salah satu profesi yang paling dinikmati oleh sarjana hukum. Tak jarang, banyak lulusan fakultas hukum langsung melanjutkan kuliah Strata 2 (S2) jurusan Kenotariatan agar dapat langsung mengikuti syarat-syarat untuk menjadi notaris. Lalu, tantangan apa saja yang akan dihadapi mahasiswa MKn? bagaimana cara yang tepat agar para sarjana hukum yang mengambil MKn dapat lulus dengan baik?

Anfrida, lulusan Kenotariatan Fakultas Hukum Universitas Indonesia (FHUI) menjelaskan bahwa ritme kuliah di MKn sangat berbeda dengan ritme belajar saat kuliah S1. Selain itu, tugas yang diberikan oleh  dosen juga cukup banyak dan kebanyakan tugas harus menggunakan tulisan tangan, sehingga sangat dibutuhkan tulisan tangan yang bagus untuk menunjang nilai agar menjadi bagus pula.

“Tantangannya adalah untuk mata kuliah yang mempelajari tentang pembuatan akta, biasanya ujiannya pasti nulis akta, berarti selain harus hafal format dari akta tersebut, ya harus ditulis tangan juga saat ujian,” ujar Anfrida kepada hukumonline, Rabu (13/1).

Oleh karena itu, Anfrida menyarankan sebaiknya sebelum ujian mahasiswa sudah hafal format akta karena biasanya saat di kelas dosen sudah menjelaskan contoh-contoh format. “Biasanya kan nanti di kelas suka ada contoh dan format yang sudah ada bisa dihafalin dahulu. Nanti tinggal disesuaikan sama bagaimana soalnya,” katanya.

Senada dengan Anfrida, Christine Elisia Wijaya, lulusan Notariat yang sedang melanjutkan S3 Ilmu Hukum di FH Universitas Airlangga mengatakan, tantangan selama mengikuti kuliah MKn adalah tugas mingguan yang cukup banyak. Selain itu, di Fakultas Hukum UI para dosen mewajibkan mahasiswa untuk tidak sekadar menghafal format akta pada saat ujian, tetapi memahami isinya dan membuat wording akta yang baik.

Christine menambahkan, yang perlu menjadi perhatian bagi mahasiswa adalah harus selalu update terhadap perkembangan peraturan kenotariatan terbaru. Selain itu, program magang sangat membantu untuk melengkapi ilmu yang didapat selama kuliah notaris. “Magang itu sangat penting untuk melengkapi ilmu yang sudah didapat di bangku kuliah. Dengan magang, calon notaris akan belajar bagaimana cara menghandle klien dan melakukan administrasi yang teratur sebelum akhirnya membuka kantor sendiri,” ujarnya.

Sisie Andrisa, Koordinator Bidang Pendidikan dan Pelatihan IKA Notariat UI memberikan empat kiat, di antaranya niat yang kuat untuk terus belajar. Menurutnya, kuliah kenotarian dibutuhkan skill dan usaha ekstra mengingat tugas notaris merupakan pejabat yang diangkat negara untuk membuat akta otentik.

“Sebenarnya kalau untuk kuliah dinotariat dibutuhkan skill, kita belajar bagaimana membuat akta,sehingga kita harus tahu siapa yang bisa menjadi penghadap. Untuk belajar juga dibutuhkan usaha ekstra untuk menjalankan tugasdan harus mengerjakan dengan baik dan sempurna. Mengingat notaris memiliki tugas yang diamanahkan oleh negara,” jelasnya.

Selain itu, mahasiswa notariat juga sangat dibutuhkan untuk mereview ulang pelajaran yang didapatkan saat kuliah dan harus mengikuti perkembangan perundang-undangan yang baru dan berkembang yang berhubungan dengan dunia notaris. “Sehingga yang paling penting harus selalu update dengan peraturan perundang- undangan. Peraturan perundang-undangan yang terkait dengan bidang kenotariatan. Notaris adalah pejabat yang ditunjuk untuk membuat akta otentik. Kita harus mengikuti perkembangan yang ada di dunia notariat,” tambahnya.

Mahasiswa Notariat, menurutnya, juga harus rajin untuk mengikuti seminar-seminar dan pelatihan yang diadakan baik oleh Ikatan Notaris Indonesia (INI) ataupun lembaga lainnya. “Dengan mengikuti seminar maka kita akan mengetahui perkembangan dunia notaris yang terbaru, juga mengetai peraturan- peraturan yang cepat sekali berubah. Kita juga mendapatkan banyak ilmu ketika mengikuti seminar,” ujarnya.
Tags:

Berita Terkait