Beberapa Pemda Larang Perayaan Valentine
Berita

Beberapa Pemda Larang Perayaan Valentine

MUI mendukung, Satpol PP akan dilibatkan.

Oleh:
RED
Bacaan 2 Menit
Foto: www.freepik.com
Foto: www.freepik.com
Empat belas Februari biasanya diperingati oleh muda-mudi di banyak negara di Bumi ini sebagai Hari Kasih Sayang atau Valentine Day. Tak terkecuali, muda-mudi di Indonesia. Kali ini, beberapa pemerintah daerah tegas mengeluarkan kebijakan melarang perayaan Valentine’s Day.

Pemerintah Kota Makassar misalnya, menerbitkan Surat Edaran Nomor 421.3./0618/S.E/DPK/III/2016 yang berisi larangan bagi pelajar untuk merayakan Valentine’s Day. Spesifik, surat edaran tersebut ditujukan kepada UPTD Pendidikan Kota Makassar, Kepala Sekolah SD, SMP/MTs Negeri maupun swasta, SMA/SMK/MA Negeri maupun swasta.

"Saya larang keras perayaan Valentine’s Day terutama bagi anak sekolah yang sifatnya negatif. Saya akan operasi untuk itu," tegas Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto.

Tidak hanya mengeluarkan surat edaran, Pemkot Makassar juga akan menurunkan pasukan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) guna mengawasi pelajar merayakan Valentine’s Day.

Majelis Ulama Indonesia (MUI) Makassar mendukung penuh keputusan Pemkot Makassar yang mengeluarkan edaran tentang larangan bagi pelajar untuk merayakan hari valentine yang biasa diperingati setiap 14 Februari tersebut.

Ketua MUI Makassar, Dr KH Baharuddin HS MA di Makassar, Selasa, mengatakan edaran ini sudah seharusnya didukung seluruh pihak. Sebab perayaan yang berasal dari budaya barat itu lebih besar mudaratnya khususnya merusak generasi muda.

"Ummat Islam itu tidak ada tanggal khusus untuk merayakan kasih sayang. Makanya kita bersama-sama harus mendukung agar kegiatan atau perayaan seperti ini tidak lagi diberikan tempat," jelasnya.

Selain Makassar, kota Balikpapan juga muncul kebijakan serupa. Dinas Pendidikan Kota Balikpapan meminta sekolah melarang siswa didik untuk merayakan Valentine’s Day. Larangan tersebut tertuang dalam Surat Edaran Nomor: 420/290/SKT/II/2016 perihal: Perayaan Valentine’s Day yang ditandatangani Kepala Disdik Balikpapan, Muhaimin.

"Surat edaran itu ditujukan kepada kepala SMP, MTS, SMA, MA, dan SMK negeri dan swasta se-kota Balikpapan," kata Muhaimin di Balikpapan, Selasa.

Muhaimin menjelaskan kebijakan ini dalam rangka mencegah agar peserta didik tidak terpengaruh oleh kegiatan yang tidak sesuai dengan kearifan lokal dan budaya Indonesia yang dikhawatirkan bisa terjadi pada perayaan Valentine’s Day.

Lalu, Pemerintah Kota Banda Aceh melarang masyarakat, khususnya generasi muda muslim merayakan Valentine’s Day karena dinilai bukan budaya Islam.

"Kami melarang perayaan Valentine’s Day karena bukan budaya Islam. Karena itu, kami mengingatkan generasi muda Islam tidak merayakan hari kasih sayang tersebut," kata Wali Kota Banda Aceh Illiza Saaduddin Djamal di Banda Aceh, Selasa.

Illiza menegaskan larangan tersebut merupakan keputusan bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) Kota Banda Aceh yang menggelar rapat di ruang kerja Wali Kota Banda Aceh.

Forkompimda terdiri atas Wali Kota Banda Aceh, Ketua DPRK Banda Aceh, kepala kepolisian dan kepala kejaksaan negeri, Dandim 0101/BS, ketua pengadilan negeri dan mahkamah syariah, serta Ketua Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Kota Banda Aceh.

Menurut Illiza, larangan perayaan hari kasih sayang bukan tahun ini saja diberlakukan. Larangan sudah diberlakukan sejak bertahun-tahun lalu. Menurut dia, larangan diberlakukan untuk melindungi aqidah masyarakat, khususnya generasi muda Islam. Sebab, perayaan hari kasih sayang tersebut bukan budaya Islam.

"Sebagai masyarakat dan generasi muda muslim tentu tidak boleh merayakan yang bukan budaya Islam. Haram hukumnya jika merayakan. Pemerintah kota berkewajiban melindungi masyarakat dan generasi muda dari perbuatan yang haram," tegas dia.

Pemerintah Kota Banda Aceh akan mencoba merangkul para pelajar untuk menyuarakan tolak perayaan valentine day. Mereka akan menggelar aksi damai dengan menyerukan hari kasih sayang bukan budaya Islam.

"Kami juga mengajak dai perkotaan berdakwah tentang hari kasih sayang ini haram dirayakan. Perayaan hari kasih sayanga atau dikenal dengan valentine day bukan budaya Islam," kata Illiza.

Tags:

Berita Terkait