5 Hal Penting yang Wajib Diketahui Mahasiswa Hukum Sebelum Lulus
Rechtschool

5 Hal Penting yang Wajib Diketahui Mahasiswa Hukum Sebelum Lulus

Jangan hanya berteori saat di kampus, tapi diimbangi dengan praktik.

Oleh:
HAG
Bacaan 2 Menit
Ilustrasi mahasiswa hukum. Foto: SGP
Ilustrasi mahasiswa hukum. Foto: SGP
Berbicara mengenai lulusan hukum yang akan menjadi sarjana hukium harus berbicara mengenai bekal yang harus dimiliki sebelum lulus. Sehingga, apabila mahasiswa hukum sudah memiliki bekal yang baik maka akan dapat menjalankan dunia pasca kampus dengan baik. Berikut hal yang perlu disiapkan mahasiswa hukum sebelum lulus.

1. Jangan hanya berteori, tapi berpraktiklah!!!
Chandra Motik, Ketua ILUNI UI menyatakan bahwa apabila ingin memiliki karier yang cemerlang pasca belajar di kampus, maka mahasiswa hukum jangan hanya berteori saat di kampus. Sehingga ketika memiliki kemampuan atau skill lebih dalam berpraktik maka mahasiswa hukum akan memiliki nilai plus di waktu pasca kampus.

“Praktik. Jadi mahasiswa juga harus belajar mengenai praktik. Kampus juga harus menyiapkan agar mempersiapkan praktik, juga para dosen. Sehingga ketika mereka lulus itu tidak ketinggalan dengan yang lain. Jangan hanya berteori saja,” ujarnya.

2. Ikuti perkembangan isu dan peraturan hukum
Menurut Chandra, selain di kampus jangan hanya belajar teori, mahasiswa hukum harus mengetahui dan mengikuti perkembangan hukum yang sedang berkembang, sehingga dengan demikian ketika lulus dapat bersaing dengan yang lainya. 

3. Jangan terlena oleh gadget
Ari Wahyudi, Ketua Unit Mahasiswa dan Kompetisi Kemahasiswaan menjelaskan bahwa dengan majunya teknologi yang ada sekarang jangan sampai malah menjadi kerugian bagi mahasiswa. Pasalnya, dengan dibantu dengan gadget yang canggih maka banyak mahasiswa yang terlena sehingga tidak mempersiapkan diri dengan baik.

Ari memberikan contoh ketika dirinya mengajar mahasiwa, sekarang kalau melakukan presentasi banyak yang tidak memiliki persiapan yang baik. Kemudian, bila ada pertanyaan yang tidak mereka ketahui maka kemudian mereka membuka gadget dan mencarinya. Sedangkan waktu zamannya menjadi mahasiswa apabila ingin melakukan presentasi dirinya akan mempersiapkan sedemikian rupa agar ketika presentasi siap apabila ditanya.

“Kalau menurut saya sekarang jauh lebih mudah karena semua fasilitas sudah disiapkan. Fasilitas yang ada modal, jangan sampai melenakan mahasiswa sehingga menjadi sesuatu yang malah tidak menguntungkan. Sehingga jangan sampai gadget-gadget ini menjadikan mahasiswa menjadi ketergantungan,” jelasnya.

4. Persiapkan Career Path!
Rencana karier sangat dibutuhkan oleh mahasiswa sebelum dirinya menyandang gelar sarjana. Pasalnya, banyak sekali mahasiswa yang hanya mengetahui lawyer sebagai karier bagi sarjana hukum, padahal banyak sekali profesi yang dapat menjadi alternatif bagi sarjana hukum, terutama profesi di bidang publik.

Kemudian, menurutnya, banyak mahasiswa yang belum mengetahui konsekuensi atau beban kerja sebagai seorang pengacara dan hanya melihat pengacara dari segi penghasilannya saja. Dibutuhkan pula pemahaman atau pemaparan dari sektor yang lain seperti perusahaan atau BUMN mengenai jenjang karier bagi lulusan sarjana hukum di kampus-kampus.

“Terkait dengan minat. Dengan skill yang dimiliki banyak mahasiswa yang cenderung memilih lapangan pekrjaan. Padahal, orientasinya seharusnya tidak hanya sesaat. Tetapi malah harus diberikan stimulan, sehingga dibutuhkan penyusunan rencana kerja ke depannya,” ujarnya.

5. Jangan terlalu percaya diri (PD) dan jaga etika
Menurut Ari, sekarang ini banyak sekali mahasiswa yang memiliki rasa PD yang bagus dan malah banyak yang berlebihan. Rasa PD yang berlebihan tersebut kemudian dapat menjadikan seorang lulusan hukum menjadi terlihat tidak memiliki etika.

“Untuk percaya diri, mahasiswa bahkan melebihi atau agak berlebihan. Itu menjadi tantangan karena kalau terlalu percaya diri akan bertentangan dengan aspek etika. Karena ada beberapa teman mahasiswa yang aspek etikanya dengan senior bermasalah, sehingga etika itu sangat penting dan sangat perlu diperhatikan,” ujarnya.

Tags:

Berita Terkait