Kamis, 10 March 2016

Alumni FH UGM: Sosmed Bikin Kualitas Mahasiswa FH Menurun

Gara-gara sosmed, perdebatan di ruang kuliah menjadi lemah.
Edgar Handoko/Fitri Isni Ridha (Mahkamah FH UGM)
Zainal Arifin Mochtar. Foto: RES

Sebagai salah satu kampus hukum tertua di Indonesia, tahun 2016 ini, Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada (FH UGM) memperingati hari jadinya yang ke-70. Dimulai sejak 14 Februari 2016, ragam kegiatan mewarnai acara Dies Natalis FH UGM ke-70. Dalam acara temu alumni, sejumlah tokoh menyampaikan pesan kepada kalangan mahasiswa FH UGM.
 
Salah seorang alumni, Zainal Arifin Mochtar menilai ada kecenderungan penurunan kualitas pada mahasiswa FH UGM. Menurut Ketua Pusat Kajian Anti Korupsi UGM ini, penurunan kualitas terjadi karena bahan bacaan mahasiswa FH UGM yang tidak berasal dari sumber asli. Selain itu, kata Zainal, keberadaan sosial media juga mengakibatkan pelemahan perdebatan di ruang kuliah.
 
, Alumni FH UGM yang berprofesi sebagai hakim berpesan kepada kalangan mahasiswa FH UGM agar mahasiswa FH UGM tidak lupa diri ketika lulus nanti. Albertina mengimbau mahasiswa FH UGM jika lulus nanti, untuk selalu menjaga nama baik almamater.
 
“Mumpung masih di kampus belajarlah dengan baik, bukan hanya ilmu tetapi juga yang lainnya dipelajari. Ketika sudah terjun ke masyarakat juga jangan lupa diri dan jangan lupa menjaga nama baik almamater,” ujarnya kepada Badan Penerbitan Pers Mahasiswa Mahkamah FH UGM, Sabtu (20/2).
 
Dikutip dari website resmi , alumni FH UGM dari kalangan advokat, Otto Hasibuan memimpin deklarasi terkait penguatan jaringan alumni. Selain itu, Otto berharap pihak kampus bisa lebih intensif dalam mengkoordinasi pengembangan mahasiswa FH UGM pasca wisuda.
 
“Supaya ada interaksi di antara kita semua (kampus dan alumni, RED),” kata mantan Ketua Umum Perhimpunan Advokat Indonesia dalam acara “” di Kampus FH UGM, Yogyakarta.
 
Sejalan dengan tema acara, Dies Natalis FH UGM ke-70 juga dimeriahkan dengan pemberian penghargaan kepada 80 mahasiswa FH UGM yang dinilai telah mengharumkan nama fakultas baik di tingkat nasional dan internasional sepanjang tahun 2015.
 
Para penerima penghargaan antara lain atas prestasinya menjadi di Hong Kong, dan tim Piala Konservasi II dengan prestasi Juara I.
 
Acara Dies Natalis FH UGM ke-70 semakin semarak dengan hadirnya musisi beken, Katon Bagaskara serta EFHA Band, yang terdiri dari beberapa dosen serta seorang mahasiswa Magister Kenotariatan. Selain itu, digelar pula acara khusus busana batik dengan melibatkan para alumni FH UGM sebagai model 'dadakan'.

**
 
 




Albertina Ho



FH UGM

Malam Apesiasi Mahasiswa dan Temu Alumni



Putika Nuralida HerdinBest Pre-Conference Paper of ALSA International Annual ForumNational Moot Court Competition

fashion show

Artikel ini merupakan bagian dari Program Rechtschool yang dilaksanakan oleh Hukumonline berkolaborasi dengan para Mitra Rechtshool yang terdiri dari lima organisasi pers fakultas hukum ternama di Indonesia yakni Mahkamah FH Universitas Gadjah Mada (Yogyakarta), Vonis FH Universitas Padjadjaran (Bandung), LPM FH Universitas Sriwijaya (Palembang), LPMH Eksepsi FH Universitas Hasanuddin (Makassar), dan Manifest FH Universitas Brawijaya (Malang).

Seluruh isi komentar adalah tanggung jawab masing-masing pengguna. Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Redaksi Hukumonline berhak untuk menayangkan atau tidak menayangkan komentar, dengan mempertimbangkan kepatutan serta norma-norma yang berlaku.

[ X ]

Notifikasi Adblocker

Kami memasang iklan pada konten yang Anda ingin jelajahi.
Iklan membantu kami untuk dapat memberikan konten hukum secara gratis.

Bantu kami untuk tetap menjadikan hukum untuk semua dengan cara menonaktifkan Adblock pada browser Anda. Pahami lebih lanjut mengenai ketentuannya disini.

Selain itu, Anda juga dapat berlangganan layanan premium dari hukumonline.com. klik disini

Terima kasih atas dukungan yang Anda berikan.

[ X ]

Ketentuan Adblocker


Bagaimana menonaktifkan Adblocker pada laman hukumonline.com?

Adblock / Adblock Plus
  • Klik logo Adblock/Adblock Plus, yang berada disebelah kanan address bar.
  • Pada Adblock, klik "Don't run on pages on this domain".
  • Pada Adblock Plus klik "Enabled on this site" untuk menonaktifkan Adblocking pada laman hukumonline.com. Apabila Anda menggunakan Firefox, klik "disable on hukumonline.com".
Firefox Tracking Protection

Apabila Anda menggunakan Private Browsing dalam Firefox, "Tracking Protection" akan muncul pemberitahuan Adblock. Anda dapat menonaktifkan dengan klik “shield icon” pada address bar Anda.

Ghostery
  • Klik pada icon Ghostery.
  • Apabila Anda menggunakan versi sebelum 6.0 klik "whitelist site".
  • Dalam versi 6.0 klik "trust site" atau tambahkan hukumonline.com pada Trusted Site list Anda.
  • Dalam versi sebelum 6.0 Anda akan melihat pesan "Site is whitelisted". Klik "reload the page to see your changes".
uBlock
  • Klik ikon uBlock.
  • Lalu klik tombol besar untuk melakukan whitelist pada laman yang sedang Anda jelajahi, dan ketika Anda membuka laman ini kembali secara otomatis akan terekam perintah yang Anda lakukan.
  • Lalu lakukan reload pada laman yang Anda jelajahi.

Terima kasih atas dukungan Anda untuk membantu kami menjadikan hukum untuk semua