Wow! Lawyer, Profesi dengan Gaji Tertinggi Kedua di Amerika
Berita

Wow! Lawyer, Profesi dengan Gaji Tertinggi Kedua di Amerika

Kalah dari dokter. Sementara di Inggris, posisi lawyer ada di peringkat ke-8.

Oleh:
RIA
Bacaan 2 Menit
Ilustrasi: BAS
Ilustrasi: BAS
Memiliki gaya hidup mewah dan berpenampilan perlente kerap jadi gambaran umum yang melekat pada diri pengacara atau lawyer. Namun jangan heran bila mereka bisa menunjukkan itu semua. Pasalnya, penghargaan yang didapatkan untuk kerja-kerja mereka memang tidak murah loh. Di Amerika Serikat (AS), lawyer jadi profesi dengan pendapatan tertinggi kedua.

Rata-rata gaji pokok yang didapatkan oleh para lawyer tersebut sebesar 144.500 AS$ atau hampir setara dengan 1,9 miliyar rupiah – berdasarkan kurs BI yang berlaku pada Sabtu, 2 April 2016. Angka ini dirilis oleh www.glasdoor.com setelah selama setahun penuh melakukan survey, mulai 24 Januari 2015 hingga 23 Januari 2016.

Dalam laporan berjudul ‘25 Highest Paying Jobs in America for 2016, lawyer hanya berhasil dikalahkan oleh tenaga medis atau dokter yang penghasilannya rata-rata mencapai angka 180.000 AS$ atau hampir setara dengan 2,4 milyar rupiah. “Dokter membawa pulang kantong gaji paling gendut di antara orang Amerika lain,” begitu diwartakan oleh Kerri Anne Renzulli dari time.com.

Selain lawyer dan dokter, ini dia top 10 pekerjaan dengan gaji tertinggi di AS:
NomorPekerjaanPendapatan
(AS$)
1 Dokter 180.000
2 Lawyer 144.500
3 Manajer Penelitian dan Pengembangan 142.120
4 Manajer Pengembang Software 132.000
5 Manajer Farmasi 130.000
6 Manajer Strategi 130.000
7 Perancang Software 128.250
8 Perancang Mesin Sirkuit Terpadu 127.500
9 Manajer IT 120.000
10Solution Architect 120.000
Sementara pendapatan lawyer di AS mendekati posisi puncak, di Inggris, profesi ini memperoleh pendapatan tertinggi kedelapan. Sebagaimana disarikan dari artikel yang dilansir oleh The Guardian, profesi di bidang hukum – termasuk di dalamnya pengacara hak paten, in house counsel, dan penasihat di pusat hukum – terselip di antara praktisi kesehatan dan pengendali lalu lintas udara.

Rata-rata lawyer di London akan mendapatkan gaji pokok sebesar 80.578 poundsterling per orang atau setara dengan 1.5 milyar rupiah. Angka ini diambil dari laporan tahunan milikKantor Statistik Nasional Inggris atau The Office for National Statistics (ONS) yang disusun sepanjang tahun 2015.

Untuk diketahui, meski angka di atas terlihat sudah cukup besar, namun nyatanya ada beberapa lawyer yang bisa mencetak angka yang sama dalam kurun waktu kurang dari 9 (sembilan), loh! Sebelumnya, Hukumonline pernah menulis mengenai hal ini. Penghasilan lawyer di Inggris, khususnya kota London, mencapai angka 1000 poundsterling per jam.

Melalui laporan berjudul The Price of Law, analis Centre for Policy Studies (CPS) Jim Diamond menyampaikan tarif lawyer di tahun 2016 telah mencapai 1000 Poundsterling per jam. Hanya saja tidak semua lawyer yang memiliki penghargaan atas kerjanya dengan nilai sebesar itu.

Jim menyebutkan bahwa tarif 1000 poundsterling per jam dipatok pada lawyer yang menjabat sebagai partner di law firm-law firm ternama di London seperti Allen & Overy, Linklatters, Slaughter & May, Freshfiels Bruckhaus Deringer, dan Clifford Chance – orang menjuluki lima law firm ini sebagai Magic Circle law firm.

Ia pun menyimpulkan bahwa angka fantastis tersebut bisa didapatkan karena tiga alasan. Alasan pertama adalah kompleksitas peraturan perpajakan dan sistem hukum di Inggris, alasan kedua karena kurangnya transparansi biaya jasa hukum, dan terakhir karena kurangnya persaingan dalam praktik yang sama – sehingga beberapa law firm besar ini mematok harga hampir sama tingginya.
Tags:

Berita Terkait