University of Michigan, Sekolah Hukum Terbaik Pencetak Hakim Federal
Berita

University of Michigan, Sekolah Hukum Terbaik Pencetak Hakim Federal

Mengalahkan Harvard University.

Oleh:
RIA
Bacaan 2 Menit
Kampus Michigan Law. Foto: http://www.law.umich.edu
Kampus Michigan Law. Foto: http://www.law.umich.edu
Sebuah penelitian yang dilaksanakan oleh Raven Law, platform yang bergerak di bidang penelitian dan analisis hukum  yang berkedudukan di California, Amerika Serikat, menobatkan University of Michigan sebagai sekolah hukum terbaik dalam menciptakan hakim-hakim federal yang produktif dan memiliki pengaruh besar dalam dunia hukum.

Sebagaimana diwartakan dalam artikel ABA Journal, hasil ini didapatkan dengan melihat opini yang ditulis oleh hakim selama 80 (delapan puluh) tahun terakhir, serta menilai opini dari hakim mana yang paling banyak dikutip. Pemrofilan ini kemudian dilakukan dengan melihat latar belakang pendidikan hukum masing-masing hakim tersebut.

University of Michigan menempati posisi pertama mengalahkan Harvard University, sekolah hukum terbaik dunia berdasarkan peringkat yang dirilis oleh Quacquarelli Symonds (QS) – platform penyedia jasa informasi pendidikan.  Sementara, dalam daftar peringkat QS tersebut, pendidikan hukum di University of Michigan hanya berada di peringkat 30.

Hasil ini cukup mengejutkan, bahkan bagi salah satu pendiri Ravel Law, Daniel Lewis. “Dalam membuat penelitian ini, stereotip yang ada di pikiran kami adalah, yang akan berada di posisi teratas adalah Harvard, Yale, dan Stanford. Begitu pun yang akan mendominasi sistem peradilan dengan menjadi hakim,” tutur Lewis.

Namun, nyatanya Yale University – sekolah hukum terbaik keempat di dunia dan kedua di Amerika menurut peringkat QS – hanya berada di posisi ketiga. Sementara Harvard University bahkan berada di bawah posisi Yale. Banyaknya alumni Harvard dan Yale yang menjalani profesi ini, ternyata tak sebanding dengan pengaruhnya setelah diteliti, ungkap Lewis.

“Ketika kita berbicara mengenai dampak yang dapat diberikan oleh hakim, maka hasil dari penelitian ini tentunya lebih mengacu pada kualitas dibandingkan dengan kuantitas,” tukasnya dikutip dari artikel yang dilansir oleh The National Law Journal, Kamis, 31 Maret 2016 lalu.

Melalui blognya, Ravel Law merilis nilai yang diperoleh oleh 10 (sepuluh) sekolah hukum teratas pencetak hakim-hakim berpengaruh di Negeri Paman Sam itu. Alumni Michigan memperoleh nilai rata-rata sebesar 41.43, diikuti University of Chicago di belakangnya dengan rentang nilai yang cukup signifikan yaitu 35.47. Kemudian Yale dan Harvard masing-masing memperoleh angka 29.29 dan 27.87.

Nah, selengkapnya, ini dia daftar sepuluh sekolah hukum tersebut:
PeringkatUniversitasNilai
1 University of Michigan 41.43
2 University of Chicago 35.47
3 Yale University 29.29
4 Harvard University 27.87
5 George Washington University 27.80
6 University of Virginia 27.37
7 University of Notre Dame 23.29
8 University of Alabama 23.00
9 University of South Carolina 22.58
10 Northwestern University 22.29
Dimintai tanggapannya, salah seorang Guru Besar University of Michigan Prof. Julian Davis Mortenson mengatakan ia tidak terlalu terkejut dengan hasil penelitian Ravel Law ini. “Mahasiswa-mahasiswa University of Michigan itu sangat pintar. Selain itu, mereka juga benar-benar rajin dan berpikir cepat. Kombinasi dari nilai-nilai itu tentunya sangat berguna dalam menjadi hakim,” ujar Mortenson.

“Terlebih lagi, di sekolah hukum University of Michigan ini, kami selalu menanamkan budaya kepada mahasiswa, ‘kerjakan pekerjaanmu dan dapatkan hasil yang tepat’,” imbuh Mortenson.
Tags: