Tim Debat Hukum UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ‘Banjir’ Kemenangan
Berita

Tim Debat Hukum UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ‘Banjir’ Kemenangan

Setelah memperoleh peringkat pertama di kompetisi debat DMRLF 2016 dan kompetisi debat Mahkamah Konstitusi.

Oleh:
NNP
Bacaan 2 Menit
Foto: www.uinjkt.ac.id
Foto: www.uinjkt.ac.id
Tim debat Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta berhasil menjadi yang terbaik dari belasan kampus yang ikut serta dalam ajang “Dr Mochtar Riady Legal Fair (DMRLF) 2016”, pada Sabtu (30/4) lalu. Tim FSH UIN Syarif Hidayatullah berhasil mengalahkan tim debat Fakultas Hukum Universitas Pancasila pada babak final. Alhasil, tim debat FSH UIN Syarif Hidayatullah Jakarta memboyong sekaligus ‘mencuri’ piala bergilir yang pada penyelenggaraan DMRLF 2014 sebelumnya dipegang oleh tim debat dari Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Kompetisi dua tahunan yang digelar oleh Himpunan Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Pelita Harapan (FH UPH) ini menutup kisah sukses tim debat FSH UIN Syarif Hidayatullah Jakarta di semester pertama, tepatnya pada April 2016 ini. Dalam kompetisi ini, tiga mahasiswa/i yang diutus sebagai delegasi adalah Muhammad Sidik, mahasiswa jurusan Hukum Keluarga serta Dalila Hazima dan Zul Amirul, keduanya mewakili jurusan Ilmu Hukum.

Selain menyabet juara pertama, salah satu anggota tim debat FSH UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Dalila Hazima juga dinobatkan sebagai “Best Speaker DMRLF 2016” dalam kompetisi ini. “Selamat dan sukses ya. Semoga diberi kekuatan untuk mempertahankan dan meningkatkan. Sukses untuk semua tim, semoga FSH UIN Jakarta terus berprestasi di segala bidang,” ujar Ketua Program Studi Ilmu Hukum Asep Syarifuddin Hidayat sebagaimana dikutip dari laman resmi www.uinjkt.ac.id, Rabu (4/5).

Sebelumnya, tim debat FSH Uin Syarif Hidayatullah Jakarta dengan formasi yang berbeda juga telah berhasil menjadi yang terbaik pada kompetisi tahunan yang digelar Mahkamah Konstitusi. Pada kompetisi bertajuk “Lomba Debat Konstitusi Antar Mahasiswa Se-Indonesia untuk Regional Tengah” di Universitas Lambung Mangkurat pada 26-28 April lalu, tim debat FSH UIN Syari Hidayatullah berkesempatan menjadi yang terbaik setelah menumbangkan tim debat Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Yogyakarta pada babak final.

Tim debat yang diwakili oleh Teguh Tresna Dewa, mahasiswa jurusan Perbandingan Mazhab Hukum, Hamalatul Qur’ani dan Abdul Lathief Zaenal, keduanya mahasiwa jurusan Ilmu Hukum masih harus kembali bertanding untuk merebut juara pada tingkat nasional yang akan digelar di Pusat Pendidikan Pancasila dan Konstitusi, Cisarua Bogor pada (31/5) nanti.

Selain itu, beberapa hari sebelumnya pada (17/4) tim debat FSH UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang diwakili oleh juga mendapat peringkat kedua dalam kompetisi debat Hukum Tata Negara yang digelar oleh Fakultas Hukum Universitas Padjajaran bertajuk “Padjajaran Law Fair 2016” setelah dikalahkan oleh tim debat Fakultas Hukum Universitas Parahyangan Bandung. Kemudian di awal tahun 2016, tim debat FSH UIN Syarif Hidayatullah Jakarta meraih juara kedua dalam lomba Debat Hukum Mahasiswa Tingkat Nasional “Airlangga Law Competition 2016” setelah bersaing ketat dengan tim debat Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin Makasar.

Dalam catatan hukumonline, tim debat FSH UIN Syarif Hidayatullah Jakarta mulai menunjukkan taringnya di beberapa kompetisi debat belakangan ini. Tahun 2015 yang lalu misalnya, tim debat FSH UIN Syarif Hidayatullah Jakarta meraih juara I Debat Konstitusi Mahasiswa untuk Regional Barat dan sekaligus Juara I Tingkat Nasional Kompetisi Debat Konstitusi.

“Pimpinan UIN Jakarta dan juga Dekan FSH sangat mengapresiasi kemenangan berturut-turut ini yang jarang diperoleh perguruan tinggi ternama sekalipun. Selamat dan sukse kepada Tim dan para pendampingnya. Terus harumkan nama almameter tercinta FSH UIN Jakarta,” tutup Dekan FSH UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Asep Saepudin Jahar.
Tags:

Berita Terkait