Selasa, 07 Juni 2016

Makara Merah FC, Wadah Alumni FHUI 'Penggila' Sepakbola

Kata ‘Makara’ merujuk pada lambang khas Universitas Indonesia. Sedangkan, kata “Merah” merujuk pada warna khas FHUI.
RZK
Begitu resmi menyandang gelar sarjana sekaligus menanggalkan status mahasiswa, setiap orang biasanya akan memiliki kesibukan masing-masing. Sebagian mulai berkutat dengan dunia kerja, sebagian lagi mungkin melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Lantaran sibuk, pertemanan yang terjalin di bangku kuliah pun mulai renggang.
 
Banyak faktor yang dapat mempererat kembali silaturahmi yang renggang. Salah satunya, faktor hobi. Itulah yang sedang terjadi di kalangan alumni Fakultas Hukum Universitas Indonesia (FHUI). Bertahun-tahun lamanya tak bersua, sejumlah alumni FHUI kembali menjalin silaturahmi berkat persamaan hobi, sepakbola.
 
Fahmy Hoesein, Alumni FHUI angkatan 1990, bercerita awalnya dirinya dan beberapa alumni FHUI lintas angkatan bermain futsal bersama di bilangan Pondok Indah, Jakarta Selatan dan kemudian pindah ke bilangan Pati Unus, Jakarta Selatan.
 
Dari kegiatan futsal itu, lalu tercetuslah gagasan untuk menggelar acara bermain sepakbola bersama yang dapat mengumpulkan alumni FHUI penggila sepakbola lainnya dalam jumlah yang lebih besar. Untuk tempat acara dipilih lapangan sepakbola bergengsi, Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), tempat Tim Nasional PSSI biasanya meladeni lawan-lawannya.
 
Minggu, 29 Mei 2016, ‘hajatan’ yang telah direncanakan akhirnya terlaksana dengan cukup sukses. Walaupun diwarnai hujan dan kemacetan di jalan-jalan raya menuju lokasi, menurut Fahmy, acara di SUGBK yang juga dihadiri Ketua Umum Ikatan Alumni FHUI (ILUNI FHUI), Ahmad Fikri Assegaf berhasil mengumpulkan para alumni FHUI dalam jumlah banyak dan lintas angkatan. Mulai dari angkatan 1980-an, 1990-an, hingga 2000-an.

“Acara ini sukses, semua karena partisipasi yang mengagumkan dan kerja sama semua pihak,” sebut Fahmy.
 
Sepekan sebelumnya, tim alumni FHUI berpartisipasi dalam mini turnamen di Stadion UI Depok bersama-sama dengan alumni Fakultas Ekonomi UI, alumni Fakultas Teknik UI, dan alumni Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya.
 
Selang beberapa hari setelah ajang di SUGBK, Makara Merah FC langsung beraksi kembali dalam pertandingan persahabatan melawan alumni FEUI di Lapangan Simprug Pertamina, Jakarta Selatan.
 
Dikatakan Fahmy, ajang di SUGBK menjadi pertanda lahirnya komunitas alumni FHUI penggila sepakbola. Nama komunitas yang dipilih adalam Makara Merah FC. Dia menjelaskan kata ‘Makara’ merujuk pada lambang khas Universitas Indonesia. Sedangkan, kata “Merah” merujuk pada warna khas FHUI.
 
Menurut Fahmy, nama Makara Merah FC terpilih dari belasan usulan nama yang muncul antara lain Justice, Recht, Djoko Sutono FC, Red Brigade, Red United, dan Persatuan Sepakbola Hukum UI disingkat Persekumi, FHBOLA, Recht Star, Pejantan05 FC, dan GilaBola.
 
“Makara Merah adalah wadah yang dibuat untuk siapapun yang mencintai sepakbola yang berasal dari Alumni Fakultas Hukum Universitas Indonesia,” papar Fahmy.
 
Fahmy mengatakan Makara Merah FC mendapat dukungan dari Ikatan Alumni FHUI (ILUNI FHUI). Kebetulah Fahmy adalah salah satu pengurus ILUNI FHUI dengan jabatan Dewan Ketua yang juga merangkap sebagai Ketua Komite Olahraga.
 
“Makara Merah FC merupakan salah satu program konkret dan diketahui oleh ILUNI FHUI. Makara Merah FC juga nantinya juga berkomitmen memberikan masukan mengenai sepakbola di tanah air,” ujarnya.
 
Menurut Fahmy, tujuan dibentuknya Makara Merah FC adalah menjadi wadah bagi alumni FHUI untuk dapat bersilaturahmi sekaligus menikmati hobinya bermain sepakbola. Selain bermain sepakbola, ‘warga’ Makara Merah FC juga dapat berbincang-bincang mengenai pertandingan sepakbola klub maupun pemain-pemainnya melalui aplikasi percakapan di telepon seluler, Whatsapp Group yang sejak resmi dibuat pada tanggal 11 Mei 2016 itu kini telah berhasil mengumpulkan 256 anggota.
 
Untuk ke depan, kata Fahmy, Makara Merah FC akan memiliki program latihan bersama dan silaturahmi bersama baik secara formal maupun informal. “Sehingga ada rasa memiliki Makara Merah dan memajukannya bersama-sama,” tukasnya.
 
Congratulations
 - Dedi Kurniawan
08.06.16 08:51
Luar biasa Makara Merah FC. Membuat saya bergairah lagi main bola setelah tidak lagi bermain sejak 2 tahun ini. Sayang saya absen di perhelatan pertama dan kedua, dan baru hadir saat tanding persahabatan dengan FEUI di Simprug. Selanjutnya agar segera diwujudkan latihan rutin bersama untuk sepakbola ini. saya usul lapangan bola di GOR Sumantri bojonegoro Kuningan bisa jadi tempat kita latihan rutin. Selain fsilitasnya lumayan, lokasinya juga mudah dicapai dari segala penjuru karena berada di tengah kota. Bravo Makara. Thanks Fikri, Thanks Fahmi.
Captcha belum diisi / expired / tidak valid.

NAMA
EMAIL
JUDUL
TANGGAPAN

Seluruh judul dan isi tanggapan adalah tanggung jawab masing-masing penulis tanggapan. Redaksi hukumonline berhak untuk menayangkan atau tidak menayangkan tanggapan dengan mempertimbangkan kepatutan serta norma-norma yang berlaku.

[ X ]

Notifikasi Adblocker

Kami memasang iklan pada konten yang Anda ingin jelajahi.
Iklan membantu kami untuk dapat memberikan konten hukum secara gratis.

Bantu kami untuk tetap menjadikan hukum untuk semua dengan cara menonaktifkan Adblock pada browser Anda. Pahami lebih lanjut mengenai ketentuannya disini.

Selain itu, Anda juga dapat berlangganan layanan premium dari hukumonline.com. klik disini

Terima kasih atas dukungan yang Anda berikan.

[ X ]

Ketentuan Adblocker


Bagaimana menonaktifkan Adblocker pada laman hukumonline.com?

Adblock / Adblock Plus
  • Klik logo Adblock/Adblock Plus, yang berada disebelah kanan address bar.
  • Pada Adblock, klik "Don't run on pages on this domain".
  • Pada Adblock Plus klik "Enabled on this site" untuk menonaktifkan Adblocking pada laman hukumonline.com. Apabila Anda menggunakan Firefox, klik "disable on hukumonline.com".
Firefox Tracking Protection

Apabila Anda menggunakan Private Browsing dalam Firefox, "Tracking Protection" akan muncul pemberitahuan Adblock. Anda dapat menonaktifkan dengan klik “shield icon” pada address bar Anda.

Ghostery
  • Klik pada icon Ghostery.
  • Apabila Anda menggunakan versi sebelum 6.0 klik "whitelist site".
  • Dalam versi 6.0 klik "trust site" atau tambahkan hukumonline.com pada Trusted Site list Anda.
  • Dalam versi sebelum 6.0 Anda akan melihat pesan "Site is whitelisted". Klik "reload the page to see your changes".
uBlock
  • Klik ikon uBlock.
  • Lalu klik tombol besar untuk melakukan whitelist pada laman yang sedang Anda jelajahi, dan ketika Anda membuka laman ini kembali secara otomatis akan terekam perintah yang Anda lakukan.
  • Lalu lakukan reload pada laman yang Anda jelajahi.

Terima kasih atas dukungan Anda untuk membantu kami menjadikan hukum untuk semua