Gaji Lawyer Tahun Pertama di AS Mencapai Rp1,7 Miliar per Tahun!
Berita

Gaji Lawyer Tahun Pertama di AS Mencapai Rp1,7 Miliar per Tahun!

Angka sebesar ini diberikan oleh 10 law firm yang terdiri dari delapan law firm besar dan dua butik law firm di Amerika.

Oleh:
RIA
Bacaan 2 Menit
Ilustrasi advokat: BAS
Ilustrasi advokat: BAS
Sebagian lawyer di Amerika Serikat (AS) mungkin kini sedang bersuka hati. Pasalnya, beberapa law firm besar baru saja mengeluarkan pengumuman mengenai kenaikan gaji bagi lawyernya. Angka kenaikannya pun cukup besar. Bila tahun lalu rata-rata lawyer tahun pertama mendapatkan fee per tahun sebesar AS$160 ribu, tahun ini para anak baru akan memperoleh AS$180 ribu atau setara dengan Rp1,7 miliar.

“Dengan senang hati kami menyampaikan bahwa kami telah sepakat untuk menaikkan pendapatan pokok lawyer (dirinci dalam memo, red). Kenaikan ini berlaku secara efektif mulai 1 Juli 2016. Angka baru tersebut bisa dilihat pada jumlah yang akan dibayarkan pada rekan-rekan pada 8 Juli mendatang,” Cravath Swaine & Moore, law firm ternama yang berkantor di New York, mengumumkannya lewat sebuah memo.

“Kenaikan ini merupakan apresiasi kami atas nama Cravath, untuk kerja keras yang telah rekan-rekan lakukan,” tulisan ini menutup memo tertanggal 6 Juni 2016 yang di dalamnya tertera nama C Allen Parker, Robert H Baron, dan Andrew J Pitts; para partner di Cravath law firm.

ABAjournal menyebutkan kenaikan gaji di tengah tahun bukan lah hal yang biasa. Meski begitu, diawali dengan pengumuman yang dilakukan oleh Cravath, sembilan law firm lain kini telah mengekor langkah yang diambil kantor konsultan hukum yang memiliki cabang di London, Inggris, tersebut.

Salah satu law firm yang mengikuti jejak Cravath adalah Cooley, firma yang sudah hampir menginjak usia 100 tahun. CEO Cooley, Joey Conroy, mengatakan sudah sewajarnya bila Cooley ingin memberikan kompensasi yang kompetitif kepada karyawannya.

“Cooley menyediakan bakat hukum terbaik kepada klien. Kami membangun dan mengembangkan tim yang terdiri dari lawyer-lawyer terbaik dalam industri ini, dan kami berkomitmen memberikan mereka kompensasi yang kompetitif,” dalih Conroy atas kenaikan gaji lawyernya.

Berpatokan pada angka yang digunakan Cravath membayar fee lawyernya, lawyer tahun pertama yang bekerja di Cooley pun akan mendapatkan fee sebesar AS$180 ribu. Tidak hanya Cooley, law firm lain juga mematok angka yang sama. Salah satu artikel di AboveTheLaw.com bahkan menyebut ini sebagai suatu tren.

Nah, lengkapnya, ini dia 10 firma hukum yang memberikan gaji sebesar AS$180 ribu per tahun bagi lawyer tahun pertama:
NomorNama Law Firm
1 Cravath Swaine & Moore
2 Cooley
3 Milbank Tweed Hadley & McCloy
4 Paul Weiss Rifkind Wharton & Garrison
5 Cahill Gordon & Reindel
6 Weil Gotshal & Manges
7 Cleary Gottlieb Steen & Hamilton
8 Simpson Thacher & Bartlett
9 Holwell Shuster & Goldberg
10 Hueston Hennigan

Untuk diketahui, besarnya gaji yang mereka terima ini belum termasuk bonus loh. Saat bisnis sedang bagus, dikabarkan para lawyer di firma-firma besar ini bisa memperoleh tambahan lagi mulai dari AS$15 ribu sampai AS$110  ribu sesuai dengan lamanya mereka mengabdi.

Box Ralat

Paragraf 1 tertulis
:
Sebagian lawyer di Amerika Serikat (AS) mungkin kini sedang bersuka hati. Pasalnya, beberapa law firm besar baru saja mengeluarkan pengumuman mengenai kenaikan gaji bagi lawyernya. Angka kenaikannya pun cukup besar. Bila tahun lalu rata-rata lawyer tahun pertama mendapatkan fee per tahun sebesar AS$160 ribu, tahun ini para anak baru akan memperoleh AS$180 ribu atau setara dengan Rp1,7 miliar.

Seharusnya tertulis:
Sebagian lawyer di Amerika Serikat (AS) mungkin kini sedang bersuka hati. Pasalnya, beberapa law firm besar baru saja mengeluarkan pengumuman mengenai kenaikan gaji bagi lawyernya. Angka kenaikannya pun cukup besar. Bila tahun lalu rata-rata lawyer tahun pertama mendapatkan fee per tahun sebesar AS$160 ribu, tahun ini para anak baru akan memperoleh AS$180 ribu atau setara dengan kurang lebih Rp2,3 miliar.

* Dengan kurs AS$1 = Rp13,311.98 per tanggal 9 Juni 2016,http://www.xe.com/
Tags:

Berita Terkait