Rabu, 06 July 2016

Ini Orang Indonesia Pertama Peraih LL.M Hukum Perancis

Para peserta program LL.M ke-16 Tahun 2015/2016 didominasi oleh mereka yang memiliki latar belakang profesi advokat.
ANT
Bhirawa J. Arifi. Foto: linkedin.com
Bhirawa J. Arifi, lulusan Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada (FH UGM) tahun 2015 berhasil mencatatkan dirinya sebagai orang Indonesia pertama peraih Gelar Magister Hukum Perancis dari Universite Paris 1-Pantheon Sorbonne, Paris, Perancis.

Keterangan pers dari Universite Paris 1-Pantheon Sorbonne yang diterima Kantor Berita Antara di Jakarta, Selasa menyebutkan, Bhirawa juga merupakan lulusan termuda peraih LL.M (master hukum) Hukum Perancis (dan Francophonie) dan Hukum Eropa tahun 2016 ini dari universitas tersebut.

Keberhasilan Bhirawa itu merupakan preseden positif bagi para alumnus Fakultas Hukum di Indonesia untuk semakin percaya diri dalam upaya mengikuti seleksi penerimaan peserta program LL.M Universite Paris 1-Pantheon Sorbonne di masa mendatang.

Upacara Pengukuhan Gelar Magister Hukum Perancis dan Hukum Eropa ke-16 bagi Bhirawa dan 20 wisudawan lainnya itu bertempat di aula L'Appartement D canal Universite Paris 1-Pantheon Sorbonne Paris pada 4 Juli 2016.

Upacara pengukuhan gelar LL.M itu dihadiri Rektor Universite Paris 1-Pantheon Sorbonne Prof. Georges Haddad, Direktur Program LL.M Unversite Paris 1-Pantheon Sorbonne Dr. Pierre Bunet, dan Dubes RI untuk UNESCO Prof. Dr. Tubagus Ahmad Fauzi Sulaiman.

Selain itu, hadir perwakilan Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Paris/Perancis dan kalangan civitas akademika Universite Paris 1-Pantheon Sorbonne, serta tamu undangan yang meliputi para orang tua, kerabat, dan sahabat wisudawan.

Program LL.M ke-16 Universite Paris 1-Pantheon Sorbonne Tahun Ajaran 2015/2016 diikuti 22 peserta dari beberapa negara di kawasan Eropa, Amerika dan Asia. Negara-negara tersebut meliputi Prancis, Inggris. Portugal, Spanyol, Italia, Belgia, Slovakia, Kanada, Brazil, Colombia, Jepang, RRT, dan Indonesia.

Dari 22 peserta, terdapat satu peserta dari RRT yang dinyatakan gagal memenuhi nilai hasil ujian sesuai standar nilai kelulusan yang disyaratkan oleh Program LL.M Universite Paris 1-Pantheon Sorbonne yang diakui sangat ketat dan konservatif. Para peserta program LL.M ke-16 Tahun 2015/2016 didominasi oleh mereka yang memiliki latar belakang profesi advokat.

Program LL.M Universite Paris 1-Pantheon Sorbonne berlangsung dalam masa satu tahun dengan kurikulum perkuliahan berupa teori dan praktik kerja (magang). Perkuliahan dilakukan dalam bahasa Perancis.

Selama masa satu tahun perkuliahan para peserta diwajibkan mengikuti program praktek kerja (magang) di salah satu kantor firma hukum Perancis dengan tujuan membekali para peserta program dengan pemahaman tentang sistim hukum dan kinerja dunia firma hukum di Perancis dan negara-negara Eropa.

Program itu juga bertujuan membantu peserta dalam membangun jejaring internasional degan kalangan praktisi hukum di Perancis dan Eropa. Membangun jejaring dalam konteks ini merupakan modal penting guna mendukung karir mereka, terutama dalam berkiprah di dunia advokat setelah selesai studi.

 
Belum ada tanggapan
Captcha belum diisi / expired / tidak valid.

NAMA
EMAIL
JUDUL
TANGGAPAN

Seluruh judul dan isi tanggapan adalah tanggung jawab masing-masing penulis tanggapan. Redaksi hukumonline berhak untuk menayangkan atau tidak menayangkan tanggapan dengan mempertimbangkan kepatutan serta norma-norma yang berlaku.

[ X ]

Notifikasi Adblocker

Kami memasang iklan pada konten yang Anda ingin jelajahi.
Iklan membantu kami untuk dapat memberikan konten hukum secara gratis.

Bantu kami untuk tetap menjadikan hukum untuk semua dengan cara menonaktifkan Adblock pada browser Anda. Pahami lebih lanjut mengenai ketentuannya disini.

Selain itu, Anda juga dapat berlangganan layanan premium dari hukumonline.com. klik disini

Terima kasih atas dukungan yang Anda berikan.

[ X ]

Ketentuan Adblocker


Bagaimana menonaktifkan Adblocker pada laman hukumonline.com?

Adblock / Adblock Plus
  • Klik logo Adblock/Adblock Plus, yang berada disebelah kanan address bar.
  • Pada Adblock, klik "Don't run on pages on this domain".
  • Pada Adblock Plus klik "Enabled on this site" untuk menonaktifkan Adblocking pada laman hukumonline.com. Apabila Anda menggunakan Firefox, klik "disable on hukumonline.com".
Firefox Tracking Protection

Apabila Anda menggunakan Private Browsing dalam Firefox, "Tracking Protection" akan muncul pemberitahuan Adblock. Anda dapat menonaktifkan dengan klik “shield icon” pada address bar Anda.

Ghostery
  • Klik pada icon Ghostery.
  • Apabila Anda menggunakan versi sebelum 6.0 klik "whitelist site".
  • Dalam versi 6.0 klik "trust site" atau tambahkan hukumonline.com pada Trusted Site list Anda.
  • Dalam versi sebelum 6.0 Anda akan melihat pesan "Site is whitelisted". Klik "reload the page to see your changes".
uBlock
  • Klik ikon uBlock.
  • Lalu klik tombol besar untuk melakukan whitelist pada laman yang sedang Anda jelajahi, dan ketika Anda membuka laman ini kembali secara otomatis akan terekam perintah yang Anda lakukan.
  • Lalu lakukan reload pada laman yang Anda jelajahi.

Terima kasih atas dukungan Anda untuk membantu kami menjadikan hukum untuk semua