Anselmus Bona Sitanggang, “Penantang” James Purba Sebagai Ketum AKPI
Berita

Anselmus Bona Sitanggang, “Penantang” James Purba Sebagai Ketum AKPI

Bila terpilih, Bona berjanji akan menjamin prinsip independensi profesi dan tidak akan merangkap jabatan yang setingkat pada organisasi profesi lain yang langsung bersinggungan dengan profesi Kurator dan Pengurus.

Oleh:
CR-20
Bacaan 2 Menit
Anselmus Bona Parulian Sitanggang. Foto: CR-20
Anselmus Bona Parulian Sitanggang. Foto: CR-20
Penantang petahana James Purba untuk menjadi Ketua Umum Asosiasi Kurator dan Pengurus Indonesia (AKPI) periode 2016-2019 adalah Anselmus Bona Parulian Sitanggang. Dia lahir di Jakarta, 22 April 1973.

Anselmus Bona Parulian Sitanggang, yang lebih dikenal dengan nama Bona, menjalani masa kuliahnya di Fakultas Hukum Universitas Kediri pada tahun 2003. Setelah lulus tahun 2007, ia meniti karier sebagai advokat sejak tahun 2008. Bona mulai berpraktik sebagai kurator sejak tahun 2009.

Maju sebagai calon Ketua Umum AKPI periode 2016-2019, visi dari Bona Sitanggang adalah menguatkan organisasi dengan kembali kepada nilai-nilai dasar pendirian AKPI. Berikut misi internal dan eksternal Bona bila terpilih sebagai Ketua Umum AKPI periode 2016-2019. Misi internal: Pertama, penguatan posisi AKPI sebagai organisasi yang professional.

Kedua, pengembangan pendidikan dan kajian ilmiah dalam bidang hukum kepailitan dan PKPU. Ketiga, penguatan partisipasi dan keterwakilan daerah dalam kepengurusan AKPI. Keempat, peningkatan jaminan perlindungan hukum bagi anggota AKPI dalam menjalankan profesi Kurator dan Pengurus, dan Kelima, peningkatan akuntabilitas dan transparansi dalam pengelolaan anggaran, serta mengurangi biaya-biaya yang terlalu membani anggota AKPI.

Sedangkan misi eksternal Bona adalah: Pertama, peningkatan hubungan profesionalisme dengan lembaga hukum dan pemerintahan, serta organisasi profesi terkait, sehingga terdapat kesepahaman terhadap profesi Kurator dan Pengurus.

Kedua, penguatan partisipasi AKPI dalam memajukan system hukum kepailitan dan PKPU dengan memberikan masukan ke lembaga-lembaga pembuat hukum dan kebijakan Negara. Ketiga, pengembangan program sosialisasi kepada publik tentang profesi Kurator dan Pengurus serta tentang hukum kepailitan dan PKPU. (Baca Juga: Pemilihan Ketua Umum AKPI Dimulai)

Bona berjanji bila terpilih sebagai Ketua Umum AKPI, ia akan menjamin prinsip independensi profesi dan tidak akan merangkap jabatan yang setingkat pada organisasi profesi lain, yang langsung bersinggungan dengan profesi Kurator dan Pengurus.

“Hal ini untuk menjaga jangan sampai Ketua Umum AKPI bertentangan dengan anggota AKPI yang sedang menjalankan tugas dan tanggung jawabnya sebagai curator,” ujarnya. Statement Bona ini disambut dengan meriah oleh para kurator yang hadir dalam RAT AKPI 2016. (Baca Juga: Menyoal Profesi Kurator dan Pengurus di Era MEA)

Tags:

Berita Terkait