Ini Pesan Kapolri kepada Kapolda Metro Jaya yang Baru
Berita

Ini Pesan Kapolri kepada Kapolda Metro Jaya yang Baru

Pengamanan pelaksanaan Pilkada Jakarta wajib dipersiapkan secara matang. Irjen Pol Mochamad Iriawan tugas ini merupakan tugas yang tak ringan.

Oleh:
ANT/Fathan Qorib
Bacaan 2 Menit
Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian melantik Irjen Polisi Mochamad Iriawan sebagai Kapolda Metro Jaya, Jumat (23/9). Pelantikan dilaksanakan di gedung Mabes Polri di Jakarta.
Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian melantik Irjen Polisi Mochamad Iriawan sebagai Kapolda Metro Jaya, Jumat (23/9). Pelantikan dilaksanakan di gedung Mabes Polri di Jakarta.
Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian berpesan kepada Kapolda Metro Jaya yang baru, Irjen Polisi Mochamad Iriawan untuk mempersiapkan pengamanan serangkaian Pilkada Jakarta pada 2017. Ia berharap, pelaksanaan Pilkada dapat berjalan lancar sehingga kondisi Jakarta dapat terkendali.

"Ini (Pilkada Jakarta) lumayan panas, tapi harapan sangat besar. Semoga Bapak (Irjen Iriawan) bisa mengendalikan Jakarta," kata Kapolri, dalam acara serah terima jabatan Kapolda Metro Jaya, di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (23/9).

Iriawan atau biasa disapa Iwan mengatakan, tugas pengamanan Pilkada Jakarta akan menjadi tugas terberatnya. Pasalnya, sukses tidaknya pilkada tersebut akan menjadi tolok ukur kesuksesan sebagian tugasnya sebagai orang nomor satu di Polda Metro Jaya itu. (Baca Juga: Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Daerah Khusus Saat Gelar Pilkada)

Untuk itu, pihaknya pun akan memaksimalkan seluruh kekuatan dalam pengamanan Pilkada yang akan dilaksanakan pada 15 Februari 2017. "Kami akan all out dalam penanganan Pilkada Jakarta," tegas Iwan.

Dalam menghadapi Pilkada, sebelumnya Iwan akan mempelajari dan memetakan situasi keamanan Jakarta terlebih dulu. Langkah ini diambil sebelum keputusan penting diterapkan. "Saya akan minta analisa intelijen, lalu karo ops dan para kapolres untuk memaparkan (situasi Jakarta) kepada saya," imbuhnya.

Iwan pada hari ini resmi menjabat sebagai Kapolda Metro Jaya yang baru. Iwan sebelumnya merupakan Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Kadivpropam). Ia ditunjuk menjadi Kapolda Metro Jaya menggantikan Irjen Polisi Moechgiyarto yang diangkat sebagai Kepala Lembaga Pendidikan Polri (Kalemdikpol).

"Ini (sertijab) merupakan sesuatu yang harus dilakukan atas gerbong yang sudah bergerak. Selamat Pak Iwan (Iriawan), menjabat di Metro Jaya," kataTito. (Baca Juga: Pucuk Pimpinan Polda Metro Jaya Berganti)

Pada acara sertijab tersebut juga dilantik dua pejabat lainnya yakni Brigjen Polisi Bambang Sunarwibowo sebagai Asrena Kapolri dan Brigjen Polisi Rio Septianda Djambak sebagai Kapolda Aceh.

Rio yang sebelumnya menjabat sebagai Wakapolda Aceh ditunjuk sebagai Kapolda Aceh menggantikan Irjen Polisi Husein Hamidi yang memasuki masa pensiun. Mutasi itu berdasarkan Surat Telegram Kapolri Nomor ST/1253/IX/2016 tertanggal 16 September 2016.

Dalam acara tersebut tampak hadir Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Jalil, Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jenderal Pol Budi Gunawan, Kepala Baharkam Komjen Pol Putut Eko Bayu Seno, Kadivhumas Polri Irjen Polisi Boy Rafli Amar dan Kakorbrimob Irjen Murad Ismail.
Tags:

Berita Terkait