Perusahaan Kapas Asal Swiss Gugat Pailit Batamtex
Aktual

Perusahaan Kapas Asal Swiss Gugat Pailit Batamtex

Oleh:
ANT/Mohamad Agus Yozami
Bacaan 2 Menit
Perusahaan Kapas Asal Swiss Gugat Pailit Batamtex
Hukumonline
Perusahaan kapas asal Swiss, Paul Reinhart AG, mengajukan gugatan pailit terhadap PT Batam Textile Industry (Batamtex) yang berlokasi di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, atas kegagalannya membayar utang sebesar 1,7 juta dolar.

Dalam gugatan yang diajukan di Pengadilan Niaga Semarang, Selasa (18/10), dijelaskan bahwa PT Batamtex tidak memenuhi kewajiban pembayaran atas 260 metrik ton kapas yang dibeli dari Paul Reinhart tersebut.

Kuasa hukum Paul Reinhart AG, Tony Budidjaja menjelaskan gugatan pailit ini didasarkan atas putusan arbitrase International Cotton Association (ICA) pada Agustus 2013 dan April 2014. "Batamtex sebagai termohon merupakan debitur yang tidak melunasi pembayaran utangnya yang telah jatuh tempo dan dapat ditagih," katanya.

Putusan arbitrase ICA sendiri, lanjut dia, telah disampaikan ke Pengadilan Negeri jakarta Pusat pada Desember 2014. Namun, menurut dia, tagihan utang yang telah disampaikan pemohon kepada pemohon tidak juga dilunasi hingga akhirnya PN Jakarta Pusat melayangkan surat teguran kepada PT Batamtex.

"Hingga saat ini, PT Batamtex belum juga melunasi pembayaran hutang yang dimaksud," katanya.

Berdasarkan UU Nomor 37 Tahun 2004 tentang Kepailitan dan Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang, Paul Reinhart mengajukan gugatan pailit ke Pengadilan Niaga Semarang.

Dalam gugatannya, pemohon juga menyampaikan tentang adanya kreditor lain yang juga belum dibayar tagihan utangnya, yakni Cargill Cotton, sebuah perusahaan asal Amerika Serikat. Bersama dengan gugatan pailit tersebut, pihak Paul Reinhart juga mengajukan permohonan sita eksekusi terhadap aset PT Batamtex. Tony mengatakan PT Batamtex yang berlokasi di Jalan Jenderal Sudirman, Ungaran, Kabupaten Semarang tersebut diketahui masih beroperasi hingga saat ini.

Tags: