Penting, Pengumuman Seleksi Administrasi Ujian PPAT Diumumkan Hari Ini
Aktual

Penting, Pengumuman Seleksi Administrasi Ujian PPAT Diumumkan Hari Ini

Oleh:
NNP
Bacaan 2 Menit
Penting, Pengumuman Seleksi Administrasi Ujian PPAT Diumumkan Hari Ini
Hukumonline
Panitia Pelaksanaan Ujian Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) menunda pengumuman hasil seleksi administrasi peserta ujian PPAT tahun 2016. Dalam pengumuman Nomor 12/Peng-400.17/X/2016, disebutkan bahwa pengumuman semula akan disampaikan pada Selasa (25/10), namun diundur dan baru akan diinformasikan pada hari ini, Rabu (26/10) melalui situs resmi pendaftaran ujian.

“Sehubungan dengan meningkatnya pendaftar Ujian PPAT, sehingga proses seleksi administrasi membutuhkan tambahan waktu,” tulis Wakil Ketua Pelaksanaan Ujian PPAT Tahun 2016, Erna Sriyatmi kemarin (25/10). 

Sebagaimana diwartakan hukumonline sebelumnya, total pendaftar Ujian PPAT membludak melebihi target setelah resmi ditutup pada Jumat (21/10) pekan lalu. Beberapa jam jelang ditutup pada pukul 4 sore, tercatat peserta yang mendaftar ‘nyaris’ tembus di angka 10 ribu. Menurut Dirjen Hubungan Hukum Keagrariaan pada Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), R.B Agus Widjayanto, animo para calon PPAT begitu besar untuk mengikuti ujian awal November mendatang. Padahal, panitia awalnya hanya mentargetkan sebanyak 3.000 peserta. (Baca Juga: Ujian PPAT 2016 akan Digelar Satu Hari Penuh)

“Sampai saat ini pendaftar itu sudah ada 9.715 peserta. Tapi sebetulnya kuota kita cuma 3.000,” kata Agus saat diwawancara hukumonline di kantornya Jumat (21/10). 

Membludaknya jumlah pendaftar ujian ditenggarai Agus lantaran setelah tiga tahun vakum, baru tahun ini akhirnya digelar kembali. Selain itu, ia menduga animo peserta melonjak tinggi akibat beberapa pelonggaran pasca diterbitkannya PP Nomor 24 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas PP Nomor 37 Tahun 1998 tentang Peraturan Jabatan PPAT, misalnya syarat minimal usia PPAT 22 tahun dan perluasan wilayah kerja PPAT menjadi satu provinsi. (Baca Juga: Resmi Ditutup, Jumlah Pendaftar Ujian PPAT Hampir 10 Ribu)

Kepada hukumonline, Agus menyatakan bahwa jumlah itu adalah total peserta yang mendaftar. Masih ada kemungkinan jumlah itu berkurang atau tetap setelah tahap verifikasi berkas administrasi. Menurut jadwal, hasil verifikasi administrasi akan diumumkan pada Selasa 25 Oktober 2016 mendatang. selain itu, ia berharap agar setiap tahapan kedepan dapat dapat berjalan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan. (Baca Juga: Ini ‘Bocoran’ Kriteria Kelulusan Ujian PPAT)

“Itukan yang terdaftar, tapi nanti akan diverifikasi kembali. belum tentu jumlahnya akan sama dengan itu,” tambahnya.
Tags: