Sabtu, 11 February 2017

Ujian Advokat di Awal 2017, Jumlah Peserta Meningkat

Ada peserta dari Sekolah Tinggi Hukum Militer, dan Divisi Hukum Mabes Polri.
FNH
Kantor DPN Peradi. Foto: RES

Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) di bawah pimpinan Fauzi Yusuf Hasibuan menggelar ujian profesi advokat di awal tahun 2017. Ujian advokat merupakan salah satu tahapan yang harus dilalui seseorang sebelum resmi diangkat menjadi advokat.
 
Ketua Panitia Ujian Profesi Advokat (UPA), Hermansyah Dulaini, mengatakan jumlah peserta ujian periode ini adalah 5.058 peserta, meningkat dibandingkan dengan periode sebelumnya yang berjumlah 4.764 peserta. (Baca juga: ).
 
Selain dari jumlah peserta, UPA kali ini juga diselenggarakan di 33 kota di seluruh Indonesia. Ada penambahan tiga kota penyelenggaraan UPA dalam periode ini, dibandingkan dengan periode lalu. (Baca juga: ).
 
"Periode ini jumlah kota penyelenggara UPA bertambah, yakni Banda Aceh 14 peserta dan Indramayu sebanyak 93 peserta. Sedangkan Manado, baru diselenggarakan kembali setelah beberapa tahun tidak diselenggarakan," kata Hermansyah kepada , Jumat (10/2).
 
Yang terbaru dalam periode UPA kali ini, lanjutnya, adalah adanya kerjasama pendidikan antara Peradi dan Sekolah Tinggu Hukum Militer (STHM). Ujian profesi advokat diikuti 26 peserta dari STHM yang hanya diselenggarakan di kota Jakarta. Disamping itu, kerjasama ujian juga diikuti peserta dari Divisi Hukum Mabes Polri.
 
Untuk peserta terbanyak masih berada di Kota Jakarta (1.774 peserta) diselenggarakan di kampus Universitas Tarumanagara. (Baca juga: ).

Mengenai kelulusan, Hermansyah menjelaskan Panitia UPA tidak mematok jumlah peserta yang akan diluluskan. Setiap peserta yang mencapai dan melewati 70 akan lulus akan dinyatakan lulus. "Kami tidak memberikan persentase kelululusan tapi siapa yang mencapai presentase passing grade 70, itu yang kami luluskan. Jadi tidak ada persentase," jelasnya.
 
Jika merujuk kepada periode sebelumnya, jumlah kelulusan peserta UPA mencapai 63 persen. Akankah jumlah peserta yang lulus UPA kali ini akan naik?


4764 Peserta Ikut Ujian Advokat Peradi Fauzi

Begiri Respons Peradi atas Uji Materi Aturan PKPA

hukumonline



11 Advokat Asing Ikuti Pelatihan yang Digelar Peradi

passing grade

Seluruh isi komentar adalah tanggung jawab masing-masing pengguna. Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Redaksi Hukumonline berhak untuk menayangkan atau tidak menayangkan komentar, dengan mempertimbangkan kepatutan serta norma-norma yang berlaku.

[ X ]

Notifikasi Adblocker

Kami memasang iklan pada konten yang Anda ingin jelajahi.
Iklan membantu kami untuk dapat memberikan konten hukum secara gratis.

Bantu kami untuk tetap menjadikan hukum untuk semua dengan cara menonaktifkan Adblock pada browser Anda. Pahami lebih lanjut mengenai ketentuannya disini.

Selain itu, Anda juga dapat berlangganan layanan premium dari hukumonline.com. klik disini

Terima kasih atas dukungan yang Anda berikan.

[ X ]

Ketentuan Adblocker


Bagaimana menonaktifkan Adblocker pada laman hukumonline.com?

Adblock / Adblock Plus
  • Klik logo Adblock/Adblock Plus, yang berada disebelah kanan address bar.
  • Pada Adblock, klik "Don't run on pages on this domain".
  • Pada Adblock Plus klik "Enabled on this site" untuk menonaktifkan Adblocking pada laman hukumonline.com. Apabila Anda menggunakan Firefox, klik "disable on hukumonline.com".
Firefox Tracking Protection

Apabila Anda menggunakan Private Browsing dalam Firefox, "Tracking Protection" akan muncul pemberitahuan Adblock. Anda dapat menonaktifkan dengan klik “shield icon” pada address bar Anda.

Ghostery
  • Klik pada icon Ghostery.
  • Apabila Anda menggunakan versi sebelum 6.0 klik "whitelist site".
  • Dalam versi 6.0 klik "trust site" atau tambahkan hukumonline.com pada Trusted Site list Anda.
  • Dalam versi sebelum 6.0 Anda akan melihat pesan "Site is whitelisted". Klik "reload the page to see your changes".
uBlock
  • Klik ikon uBlock.
  • Lalu klik tombol besar untuk melakukan whitelist pada laman yang sedang Anda jelajahi, dan ketika Anda membuka laman ini kembali secara otomatis akan terekam perintah yang Anda lakukan.
  • Lalu lakukan reload pada laman yang Anda jelajahi.

Terima kasih atas dukungan Anda untuk membantu kami menjadikan hukum untuk semua